28.9 C
Medan
Kamis, Juni 13, 2024

Oloan Paniaran Nababan Raih Gelar Doktor dari Universitas Borobudur Jakarta

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH menjalani ujian sidang terbuka promosi Doktor Hukum di Kampus A Aula Lantai 8 Gedung D Universitas Borobudur Jakarta.

Dalam sidang terbuka itu, Oloan Paniaran Nababan berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Kewenangan Diskresi Kepala Daerah Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Guna Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat” dengan Kajian Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Bidang Pendidikan di Kabupaten Humbahas, Provinsi Sumut.

Di hadapan Komisi Pembimbing Dr H Azis Budianto SH MS (Ko-Promotor) dan Panitia Ujian Doktor (S3) yaitu Rektor Universitas Borobudur Prof Dr Ir H Rudi Bratamanggala MM, Direktur Program Pascasarjana Universitas Borobudur Prof Dr Faisal Santiago (Promotor), Penguji Dalam Institusi Dr Hj Megawati Barthos dan Dr Darwati serta Penguji Luar Institusi Prof Dr Zaenal Arifin SH MH, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan berhasil mempertahankan disertasinya.

Rektor Universitas Borobudur Prof Rudi Bratamanggala memutuskan dan mengatakan bahwa Oloan Paniaran Nababan berhak menyandang gelar Doktor Hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan predikat sangat memuaskan. Dengan demikian 184 orang telah menyelesaikan gelar Doktor dari Universitas Borobudur.

Sidang terbuka itu, selain diikuti para keluarga dan sahabat, hadir antara lain Kepala BSSN TNI (Purn) Hinsa Siburian, Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya TNI Prof Dr Amarulla Octavian (mewakili Menteri Pertahanan), Mayjend TNI (Purn) Mahidin Simbolon, Deputi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Lasro Simbolon, Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak termasuk Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Rapidin Simbolon.

Ucapan selamat dan sukses atas sidang terbuka promosi Doktor Hukum berupa papan bunga dipajangkan di kampus Universitas Borobudur antara lain dari dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Marsekal TNI (Purn) Dr Hadi Tjahjanto, KASAD Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.

Berikutnya dari Pangdam I/BB Mayjend TNI A Daniel Chardin, Wairwasum Polri Irjen Dr Tornagogo Sihombing, Ketua DPP PDI Perjuangan Ir Sukur Nababan, Bupati Taput Drs Nikson Nababan, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto, Bupati Batubara Ir Zahir termasuk tim ahli Wakil Presiden Dr Nurdin Tampubolon.

Setelah menyandang gelar Doktor (Dr), Oloan Paniaran Nababan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga bisa mendapatkan gelar Doktor nya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada keluarga dan sahabat yang selama ini telah mendukung dalam proses penyelesaian program Doktor Hukum. Sehingga hari ini, saya sudah memperoleh gelar Doktor (S3). Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada keluarga besar Universitas Borobudur khususnya kepada promotor dan penguji yang selama ini selalu membimbing untuk menyelesaikan program Doktor Hukum saya,” ucap Dr Oloan Paniaran Nababan.

Sementara itu, penguji dalam institusi Dr Megawati Barthos dalam sidang terbuka menjelaskan ada kebanggaan tersendiri baginya, karena Oloan Paniaran Nababan mulai dari S1, S2 sampai S3 lulus dari Universitas Borobudur.

“Ada kebanggaan tersendiri, mulai S1, S2 dan S3, Oloan Paniaran Nababan lulus dari Universitas Borobudur dan saya tetap sebagai penguji. Ini sungguh luar biasa. Selama mahasiswa Oloan Paniaran Nababan selalu tulus, rajin dan pemerhati bagi adek-adek mahasiswa-mahasiswi lainnya dan selalu sebagai kebanggaan di kampus ini. Walaupun seorang anggota TNI, ikut bergabung dan aktif mengikuti organisasi di kampus ini,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Oloan Paniaran Nababan adalah Wakil Bupati Humbahas periode 2021-2024. Pria kelahiran Medan 14 November 1974 itu menimba ilmu pendidikan SD, SMP dan SMA di Bandung.

Setelah tamat dari SMA, Oloan mengabdi menjadi anggota TNI AD pada tahun 1997 hingga 2020. Pada tahun 2020, suami dari Erma Simbolon SE ini resmi dari kedinasan TNI AD untuk mengikuti Pilkada Humbahas, pangkat terakhir Sersan Kepala.

Setelah berkarir di TNI AD, Oloan melanjutkan pendidikannya di Universitas Borobudur pada tahun 2017 berhasil meraih dengan gelar Sarjana Hukum. Dua tahun berikutnya dia melanjutkan pendidikannya S2 nya di universitas yang sama dan berhasil meraih Magister Hukum (MH).

Dan pada, Kamis (22/6/2023), dia juga berhasil meraih gelar S3 (Doktor Hukum) dari Universitas Borobudur juga.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru