25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Warga Dilatih jadi Relawan Kebakaran di Karo

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Karo (buseronline.com) – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Pemerintah Kabupaten Karo mengupayakan dan meminimalisir kebakaran dengan melakukan sosialisasi penanggulangan serta penanganan kebakaran dini, di halaman Kantor Camat Kabanjahe.

Sosialisasi yang dibarengi dengan praktek langsung cara memadamkan api ini, dilakukan dihadapan puluhan peserta yang mayoritas kepala lingkungan se-Kecamatan Kabanjahe dengan mentor tim ahli dari bidang pemadam kebakaran.

Menurut Kasat Pol PP dan Damkar, Gelora Fajar Purba SH MH, musim kemarau yang sedang berlangsung di Kabupaten Karo sangat rentan dengan kejadian kebakaran.

Oleh karena itu, pihaknya menghendaki dibentuknya relawan kebakaran di setiap lingkungan baik di tingkat kelurahan maupun tingkat desa yang terpusat.

“Intinya sosialisasi ini, untuk menyampaikan kepada masyarakat gambaran bahaya akibat kebakaran serta penanggulangan dini sebelum mobil damkar tiba di lokasi,” ujarnya.

Selain itu juga, pihaknya memberikan materi bahaya non kebakaran seperti bencana longsor dan atau binatang liar yang memasuki pemukiman atau bahkan ke dalam rumah penduduk.

“Ini nantinya akan kita lakukan ke setiap kecamatan, bukan hanya di Kecamatan Kabanjahe, sehingga mayoritas masyarakat nantinya paham dan dapat melakukan penanganan dini sebelum mobil damkar tiba,” ungkapnya.

Pihaknya juga terus meningkatkan pelayanan layanan masyarakat dengan membentuk ‘Sipapa Beka’ (siaga peningkatan pelayanan bahaya kebakaran dan non kebakaran). Upaya lain adalah dengan menambah pos mobil damkar serta personel yang standby di pusat kota Kabanjahe dan Berastagi.

Untuk kota Kabanjahe, pos siaga damkar berada di sekitar pusat pasar Kabanjahe (jalan Pala Bangun). Sementara untuk Kota Berastagi, mobil damkar siaga ditempatkan pos pariwisata Berastagi.

“Ini untuk memberikan respon cepat menunggu back up dari pos utama kantor Damkar,” katanya.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru