30 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Bupati Samosir Tinjau Pelayanan Pengobatan Gratis

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Samosir (buseronline.com) – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui pelayanan kesehatan bergerak Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) melakukan pelayanan pengobatan gratis bagi warga Kabupaten Samosir. Layanan pengobatan gratis tersebut dilaksanakan di Puskesmas Buhit, Kecamatan Pangururan.

Pelaksanaan layanan kesehatan gratis Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Sumut ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir.

Adapun layanan pengobatan yang dibawa adalah operasi bibir sumbing, sunatan massal dan pengobatan massal penyakit dalam oleh dokter-dokter spesialis.

Saat melakukan peninjauan di Puskesmas Buhit, Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST menyambut baik adanya layanan pengobatan gratis ini.

Hal ini menandakan sinergitas Pemprov Sumut dengan Pemkab Samosir berjalan dengan baik, dan pemerintah tetap komit dalam menjaga kesehatan masyarakat.

“Kami sangat apresiasi kepada seluruh tenaga medis yang terlibat memberi pelayanan dalam pengobatan gratis,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati mengajak masyarakat agar memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

Kepada Pemprov Sumut, melalui kegiatan ini bupati berharap kegiatan serupa berjalan terus dan dapat berlanjut ke tahun-tahun mendatang.

Vandiko Gultom juga meminta kepada BKB, agar dalam layanan selanjutnya dapat menyertakan layanan Operasi Katarak gratis. Karena hingga saat ini, di Kabupaten Samosir belum ada dokter spesialis mata.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat, kami kirim salam dan terima kasih kami kepada bapak Gubernur Sumut. Harapan kami ke depan, beliau bisa hadir di Samosir untuk melihat langsung masyarakat Samosir,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas BKB Sumut Brigjen TNI (Purn) dr Harry Yusmanadi menyampaikan bahwa layanan kesehatan bergerak ini adalah inovasi pelayanan yang digagas Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, untuk membantu mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya daerah-daerah terpencil, dengan mutu dan kualitas standar layanan yang sama.

“Semua layanan yang kita laksanakan bersama Bakti Kesehatan Sumut Bermartabat ini adalah gratis, sesuai arahan dari bapak gubernur bahwa ini murni untuk masyarakat Sumut,” katanya.

Ia berharap kritik dan masukan yang membangun dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan di masyarakat.

“Hari ini kita hadirkan 10 dokter spesialis, dibantu oleh tenaga medis dan tenaga pendukung lainnya untuk memberikan pelayanan maksimal. Semoga apa yang kami laksanakan, kiranya bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Tim BKB Sumut juga mengerahkan mobil layanan kesehatan yang dirancang untuk melakukan berbagai tindakan operasi langsung ditempat.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, Ketua HPPNI Sumut, Ketua TP PKK Samosir Ny Harta M Sitanggang, Kadis Kesehatan Samosir dr Dina Hutapea, Direktur RSUD Hadrianus Sinaga dr Iwan H Sihaloho, Kepala Puskesmas Buhit beserta jajaran tenaga medis.

Hingga pada akhir kegiatan pengobatan gratis ini, Tim BKB berhasil melayani pasien yakni Pelayanan Penyakit Dalam sebanyak 128 orang, Operasi Bibir Sumbing sebanyak 5 orang, pelayanan Sunat sebanyak 15 orang dan Pelayanan Vaksinasi sebanyak empat orang.

Berita Lainnya

Berita Terbaru