30 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Peringati Idul Adha, Rapidin Simbolon: Jadikan Momen Hari Rayanya Kaum Marhaen & Wong Cilik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Labuhanbatu (buseronline.com) – Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Drs Rapidin Simbolon MM didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Dr Sutarto MSi menyerahkan 24 ekor lembu secara simbolik kepada DPC PDI Perjuangan se-Sumut secara simbolis kepada Ketua DPC Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 H, di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Labuhanbatu.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPC Labuhanbatu Dahlan Bukhari, Ketua DPC Labuhanbatu Utara Sunaryo, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Labuhanbatu Selatan Muhammad Hasir, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Labuhanbatu Nardus Naibaho dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Labura Januardo Purba beserta seluruh jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Labuhanbatu.

“Hari ini kita meyerahkan tiga ekor lembu kurban yang kita titipkan kepada masing-masing Ketua DPC se-Sumut dan dagingnya kita bagikan kepada masyarakat kurang mampu, untuk di kantor DPD PDI Perjuangan Sumut akan sembelih empat ekor,” kata Rapidin Simbolon.

Ia menjelaskan bahwa ritual kurban pada Hari Raya Idul Adha harus dimaknai sebagai kerelaan dan keikhlasan untuk berkorban untuk sesama, komitmen dan keikhlasan pemimpin kepada yang dipimpinannya serta sebagai manifestasi keimanan kita sebagai umat beragama, yang kesemuanya bermuara pada kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu atau wong cilik dan kaum Marhaen.

“Jadi dengan adanya Hari Raya Idul Adha harus kita jadikan momen bagi seluruh kader PDI Perjuangan untuk lebih membangkitkan semangat untuk terus menggelorakan komitmen dan semangat rela berkorban untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara untuk menuju Indonesia yang lebih baik dan semangat dalam membela hak-hak masyarakat kecil atau wong cilik dan kaum Marhaen,” ujar mantan Bupati Samosir tersebut.

Ia menambahkan bahwa hakikatnya kurban pada Hari Idul Adha merupakan sosial atau ibadah sosial yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan,

“Untuk itu sebagai hamba Tuhan yang baik kita harus turut serta dalam memberikan sedikit kebahagiaan kepada masyarakat, sesuai dengan ungkapan Bung Karno bahwa Tuhan Bersemayam di Gubuk-gubuk orang Miskin, maka jadikan hari ini menjadi Hari Raya nya Kaum Marhaen dan Wong Cilik sebagai bukti bahwa kita masih menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen penuh dari DPD PDI Perjuangan Sumut, dalam menjalankan instruksi Ketua Umum Prof Dr (HC) Hj Megawati Soekarnoputri, agar seluruh kader PDI Perjuangan, untuk terus menjaga dan merawat silaturahmi melalui momentum hari-hari besar keagamaan.

“Maka setiap tahun DPD PDI Perjuangan melakukan penyembelihan hewan kurban, sebagai manifestasi partai nasionalis-religius,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Dahlan Bukhari menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPD PDI Perjuangan Sumut yang telah menitipkan hewan kurbannya ke DPC-DPC se Sumut.

“Untuk penyembelihan hewan kurban akan kita laksanakan besok dan hewan kurban dari DPD akan akan kita sembelih bersama hewan kurban gotong royong DPC Labuhanbatu dan rencananya akan kita bagikan kepada masyarakat yang berhak,” ujarnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru