28 C
Medan
Senin, Juli 15, 2024

Penggantian Meter Listrik Ke Smart Meter AMI di Sumut Capai 12.110 Pelanggan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – PLN UID Sumut terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan mengganti meteran listrik konvensional dengan Smart Meter Advance Metering Infrastructure (AMI).

Transformasi digital yang dilakukan PLN ini telah dilengkapi dengan sistem komunikasi digital yang canggih, akurat dan berkualitas. Tercatat hingga 12 Agustus 2023 PLN UID Sumut berhasil melakukan penggantian Smart Meter AMI di Unit Layanan Pelanggan Helvetia dan Unit Layanan Pelanggan Medan Selatan sebanyak 12.110 pelanggan.

GM PLN UID Sumut Awaluddin Hafid mengatakan bahwa smart meter AMI merupakan terobosan PLN dalam mengembangkan teknologi Internet of Thinks (IoT) pada infrastruktur kelistrikan agar pelanggan semakin nyaman menikmati layanan PLN.

“Smart meter AMI merupakan salah satu transformasi digital yang dilakukan PLN, inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Tidak hanya itu, penggantian ke smart meter AMI dilakukan secara gratis,” jelasnya.

Dengan kehadiran AMI, pelanggan dapat mengetahui jumlah pemakaian energi listrik secara real time. Sistem komunikasi digital ini membuat hasil baca meter menjadi lebih akurat.

Ia juga menambahkan PLN akan terus mendorong percepatan pemasangan smart meter AMI hingga 44.499 pelanggan tahap I ini dapat terealisasi dengan baik, sehingga pelanggan PLN dapat menikmati transformasi digital PLN dan merasakan manfaatnya secara langsung.

“Penggantian smart meter AMI ini akan dilakukan secara bertahap hingga tercapai 100 persen pelanggan di PLN UID Sumut,” terang Awaluddin.

Selain hasil baca meter yang lebih akurat dan pemakaian energi listrik dapat diketahui secara real time. Keunggulan smart meter AMI dapat mendeteksi pemadaman dan gangguan sehingga lebih cepat teratasi. (P2)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru