24 C
Medan
Minggu, April 14, 2024

Rektor Prof Syamsul Gultom: Mahasiswa Baru Unimed Jadi Calon Pemimpin Masa Depan Bangsa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sebanyak 8.555 mahasiswa baru mengikuti acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Medan tahun 2023/2024 di ruang Serbaguna Unimed, Selasa (15/8/2023).

Rektor Universitas Negeri Medan Prof Dr Syamsul Gultom mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru tahun 2023. Semua diterima melalui seleksi yang sangat ketat dari tiga jalur, yakni SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri.

Tercatat peminat yang ingin masuk Unimed tahun ini ada 52.348 siswa, sedangkan yang diterima 8.555 orang. Saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi, diantaranya 1 Prodi D3, 54 Prodi S1/D4, 2 Prodi Profesi, 19 Prodi S2 dan 6 Prodi S3.

Dari 82 Prodi yang kita miliki, sudah 60,96 % atau 50 Prodi sudah memperoleh akreditasi “A” dan “Unggul”.

Sementara 27 Prodi atau 32,92 % terakreditasi “B, Baik Sekali, dan Baik”, dan ada 5 Prodi atau 6,09 % masih Prodi Baru yang menunggu proses akreditasi.

Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru merupakan sarana untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru, dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Di awal masa studi ini, hal penting yang harus dilakukan adalah merubah mindset diri bahwa saudara saat ini bukan lagi siswa, namun sudah melangkah menjadi mahasiswa.

Mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang mampu mensinergikan segala potensi diri yang Allah, Tuhan titipkan kepada saudara untuk meraih prestasi akademik, pribadi mulia dengan kekuatan akhlak dan budi pekerti yang dapat menjadi modal untuk berkiprah, berkarya dan meniti karir, guna meraih cita-cita dan masa depan yang membanggakan diri dan keluarga.

Dikatakan rektor, saudara semua adalah harapan masa depan bangsa dan keluarga, agar melalui Unimed kampus “The Character Building University”, saudara akan menjadi calon pemimpin masa depan bangsa yang mampu membawa perubahan menuju Indonesia maju dan unggul.

​Saat ini banyak program pemerintah melalui Mendikbudristek, mas Menteri Nadiem Anwar Makarim, yang terus gencar menerapkan program “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)”.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Unimed telah mengambil kebijakan dalam mengimplementasikan “Merdeka Belajar” dalam kurikulum mulai tahun 2021.

Mahasiswa Baru Unimed akan diberi pilihan untuk kuliah tiga semester di luar program studinya, yakni Belajar satu semester pada program studi lain pada kampus yang sama, belajar satu semester dalam program studi yang sama pada kampus yang berbeda, dan belajar satu semester pada lembaga non perguruan tinggi, seperti BUMN, perusahaan-perusahaan, dunia industri dan dunia kerja lainnya.

Semua mahasiswa baru, memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti program “Merdeka Belajar” selama studi di Unimed.

Kebijakan pemerintah ini, sungguh memiliki tujuan baik yakni agar lulusan perguruan tinggi memiliki kesiapan diri secara matang, baik keilmuan dan skill yang dibutuhkan dunia kerja, sehingga setelah tamat nanti, peluang kerja di berbagai bidang akan terbuka luas. Selain itu banyak lagi program-program pemerintah yang harus saudara cermati dan ikuti yang kira-kira akan bermanfaat baik bagi masa depan studi saudara, katanya.

Dikatakan rektor, selamat belajar di kampus hijau Unimed. Belajarlah dengan semangat juang dan penuh kesungguhan, sehingga akan sukses meniti masa depan yang cemerlang dan membanggakan ke dua orang tua dan keluarga.

Kejarlah prestasi sesuai minat dan bakat saudara selama studi di Unimed. Saya yakin anda semua akan jadi anak-anak bangsa yang siap membawa Indonesia ini menjadi negara yang maju dan mensejahterakan masyarakatnya. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru