26.9 C
Medan
Sabtu, April 20, 2024

Ketua GPMB Batubara Lantik Pengurus GPMB Kecamatan se-Kabupaten Batubara

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Batubara (buseronline.com) – Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui cara menumbuhkembangkan minat dan budaya gemar membaca, Ketua PD Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Batubara Ny Hj Maya Indriasari SE melantik pengurus GPMB Kecamatan se-Kabupaten Batubara.

Pelantikan digelar di Pendopo Perjuangan, Desa Empat Negeri, Kecamatan Datuk Lima Puluh, yang turut disaksikan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP.

Ada sebanyak 240 pengurus GPMB Kecamatan se-Kabupaten Batubara dilantik yang ditandai dengan pembacaan ikrar organisasi, penandatanganan surat keputusan, pemberian bendera pataka dan penyematan pin kepada pengurus GPMB Kecamatan.

Bupati Zahir mengungkapkan cikal bakal kehidupan masyarakat yang cerdas adalah meningkatnya minat dan budaya gemar membaca sebagai modal dasar pembangunan nasional.

Hal ini merupakan salah satu tujuan pembukaan UUD 1945 alinea keempat yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sesuai pidato Presiden RI pada pagi hari ini, kita punya sumber daya alam yang berlimpah ruah. Sumber daya alam ini tidak semua dapat kita kelola, akhirnya bahan mentah dikirim ke luar negeri, hilirisasinya tidak ada, karena sumber daya manusianya tidak mampu,” ungkapnya.

Bupati Zahir menyampaikan mempersiapkan SDM yang mumpuni harus dimulai sekarang. SDM dimulai dari ilmu yang dimiliki, ilmu yang dipelajari yang tidak terlepas dari minat baca.

Menumbuhkan minat baca itulah GPMB hadir di Kabupaten Batubara untuk menumbuhkembangkan minat baca anak-anak.

Bupati Zahir berharap dengan terbentuknya pengurus GPMB Kecamatan se-Kabupaten Batubara akan meningkatkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.

Sementara itu, Ketua GPMB Batubara Ny Maya berharap pelantikan ini lebih bisa meningkatkan minat baca dari kecamatan sampai ke desa-desa yang jangkauannya lebih luas.

Ny Maya juga mengharapkan adanya kerjasama dari kabupaten dan kecamatan untuk terus giat menumbuhkan minat baca anak-anak yang ada di Kabupaten Batubara.

“Kita selalu melaksanakan secara berjenjang dari kabupaten dan hari ini kecamatan, dan harapan saya kepada ketua GPMB Kecamatan untuk melanjutkan pelantikan sampai ke desa-desa,” harap Ny Maya. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru