24 C
Medan
Minggu, April 14, 2024

Puskesmas Saitnihuta Laksanakan Posyandu di Desa Sileang

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – UPTD Puskesmas Saitnihuta melaksanakan Posyandu di Desa Sileang, Kecamatan Dolok Sanggul. Pelaksanaan Posyandu di Desa Sileang disinergikan dengan UPTD Puskesmas Saitnihuta.

“Posyandu ini rutin dilaksanakan setiap bulan dengan jadwal hari Selasa, minggu ke dua bertempat di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes),” kata Kepala UPTD Puskesmas Saitnihuta Delina Siburian SKep Ners MKM.

Delina menjelaskan dalam kegiatan Posyandu kali ini bukan hanya mengecek tinggi badan dan berat badan balita serta imunisasi, juga memberikan obat cacing pada anak usia 1-5 tahun.

Tujuan pemberian tersebut untuk mengoptimalkan penyerapan karbohidrat, protein dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.

Selain itu, pemberian obat cacing dapat menurunkan resiko stunting karena korelasi positif cacingan dan stunting menyebabkan intervensi secara terpadu baik spesifik (konsumsi asupan gizi, upaya preventif dan kuratif) dan sensitif (sanitasi).

Terakhir Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang sesuai dengan aspek gizi untuk balita yang bersumber dari Dana Desa.

“Harapannya, kegiatan posyandu ini berjalan lancar, antusias warga yang memiliki balita semakin meningkat dan kita bersama-sama mencegah stunting di semua desa wilayah kerja Puskesmas Saitnihuta,” ujarnya.

Penurunan angka stunting di desa wilayah kerja Puskesmas Saitnihuta dimana pada bulan Juni 2023 balita stunting 201 (16,7%) mengalami penurunan bulan Juli menjadi 171 balita stunting (14,3%).

Semoga di bulan Agustus, angka stunting semakin menurun karena Posyandu masih berjalan di beberapa desa. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru