28 C
Medan
Senin, Juli 15, 2024

Asren Nasution Kukuhkan 72 Siswa Baru SMAN 2 Lintongnihuta

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Kepala Dinas Pendidikan Sumut Dr H Asren Nasution MA kukuhkan anak didik baru Angkatan XII SMAN 2 Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah IX, Drs Alfred H Silalahi mengatakan, peningkatan pendidikan sudah terlihat nyata di SMAN 2 Lintongnihuta. Hasil laporan LMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2021, SMAN 2 Lintongnihuta berada pada urutan ke-14 SMA/MA se-Sumut, tahun 2022 meningkat menjadi urutan ke-8.

Guru yang mengikuti program Guru Penggerak sebanyak 4 orang dan tahun ini hampir semua guru mengikuti seleksi Guru Penggerak untuk Angkatan 9 dan 10.

Alfred menjelaskan siswa angkatan XII yang dikukuhkan sebanyak 72 dengan perincian laki-laki 36 dan perempuan 36 orang. Siswa-siswi Tahun Pelajaran 2021/2022 lulusan sebanyak 68 orang dengan perincian masuk PTN jalur SNMPTN 9 orang, jalur SBMPTN 40, beasiswa Unhan 8, PTS 5 dan kedinasan dua orang.

Sedangkan untuk Tahun 2022/2023 yang lulus 61 orang dengan perincian masuk PTN jalur SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) 10 orang, jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 37, beasiswa Unhan 6 dan di PTS 6 orang. Seorang siswa meraih Beasiswa Indonesia Maju (BIM) atas nama Jeconia Pistardo Purba sudah menjalani studi di Bali selama 1 tahun, kata Alfred.

Sekda Humbahas Tonny Sihombing menjelaskan pembangunan SMAN 2 Lintongnihuta dimulai tahun 2009 dan penerimaan siswa baru tahun 2012. Tahun 2014, diberlakukan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang otonomi daerah, pengelolaan SMA sederajat menjadi kewenangan Provinsi Sumut.

Demi peningkatan kualitas dan SDM untuk mewujudkan Indonesia maju, sejak 2017 Pemkab Humbahas telah memprogramkan pemberian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi. Beasiswa itu diberikan yang masuk ke SMA Del Laguboti, SMA TB Soposurung Balige, SMA Matauli kelas A Sibolga dan mulai tahun ini siswa-siswi di SMAN 2 Lintongnihuta akan diberikan beasiswa yang berada di peringkat 1-10.

Ini akan kita kaji secara terus menerus agar seluruh siswa SMAN 2 Lintongnihuta yang berdomisili di Kabupaten Humbahas boleh mendapat beasiswa. Anak-anak kami dapat berkompetisi sehat untuk menjadi yang terbaik dari yang sudah baik. Pemberian beasiswa ini didasari dengan pola pikir bahwa siswa merupakan aset sumber daya manusia yang perlu mendapat motivasi dan dukungan. Ini salah satu visi Humbahas yaitu Humbang Hasundutan maju dan bermentalitas unggul,” harap Tonny Sihombing.

Tonny Sihombing menambahkan SMAN 2 Lintongnihuta sudah menjadi sekolah favorit di lingkungan Humbahas maupun dari luar Humbahas. Buktinya banyak siswa-siswi SMAN 2 Lintongnihuta yang berasal dari luar Humbahas.

“Kami berharap kepada anak kami siswa-siswi SMAN 2 Lintongnihuta, jadilah anak yang berguna dan dapat membanggakan orang tua, keluarga termasuk bangsa dan negara. Tetap semangat, raih cita-citamu,” harap Tonny.

Dalam pengukuhan itu, Kedewanan se Margu, diwakili lima kepala desa menyerahkan surat tanah kepada Kepala Dinas Pendidikan Sumut untuk pembangunan SMAN 2 Lintongnihuta non asrama.

Kepala Desa Siponjot Deka Silaban ST menjelaskan sejak berdiri SMAN 2 Lintongnihuta, hanya dua orang siswa dari Kedewanan Se Margu.

“Anak-anak kami butuh pendidikan pak, masyarakat di lima desa sepakat membeli tanah persis bersebelahan dengan lokasi SMAN 2 Lintongnihuta ini. Tanah itu kami beli dan hari ini surat tanah kami serahkan kepada Kadis Pendidikan Sumut, dengan harapan segera dibangun ruang kelas baru, untuk bisa menampung anak-anak kami di sekolah ini, kelas regular dan tahun ajaran 2023/2024 sudah bisa menerima siswa baru,” harap Deka Silaban.

Pengukuhan dihadiri Bupati Humbahas diwakili Sekda Humbahas Tonny Sihombing MIP, Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otda Kemendagri, Drs Makmur Marbun MSi, anggota DPRD Sumut Dr Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, anggota DPRD Humbahas Poltak Purba, Asisten Administrasi Umum Pemkab Humbahas Janter Sinaga, Kepala Dinas Pendidikan Humbahas Drs Jonny Gultom, Kepala Dinas Pendidikan Dairi Drs JW Purba dan yang lainnya. (TR)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru