31.7 C
Medan
Sabtu, April 20, 2024

Pemko Tebingtinggi Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Virtual

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tebingtinggi (buseronline.com) – Pj Wali Kota Tebingtinggi Drs Syarmadani MSi bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah secara virtual di Ruang Kerja Gedung Balai Kota.

Rakor dipimpin Mendagri RI Jenderal Pol (Purn) M Tito Karnavian yang diikuti kepala daerah gubernur, bupati dan wali kota, Forkopimda serta TPID di wilayah masing-masing.

Dalam rakor tersebut, Tito menyampaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai proxy inflasi di minggu ketiga bulan Agustus tahun 2023 di sebagian wilayah mengalami deflasi.

“Namun di beberapa daerah lain juga masih ada yang mengalami inflasi cukup tinggi. Untuk itu saya minta atensi yang lebih untuk daerah-daerah yang inflasinya masih tinggi,” kata Tito.

Ia meminta kepada seluruh pemerintah daerah terus memantau perkembangan harga dan mendapatkan data yang valid dari lapangan agar tidak terjadi lonjakan inflasi, khususnya menjelang tahun politik.

“Jika terjadi kenaikan harga, kita bisa intervensi lebih dini agar melonjaknya tidak signifikan dan masih bisa kita kendalikan,” ujarnya.

Tito berharap para pimpinan daerah tak pernah bosan untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap ketersediaan barang dan jasa di daerah masing-masing.

Sehingga pemetaan bisa dilakukan dan langkah-langkah intervensi yang akurat, tentunya dengan dukungan pemerintah pusat.

“Rekan-rekan daerah bisa melihat posisi daerah masing-masing, komoditas apa sehingga bisa dilakukan intervensi. Dan pemerintah pusat nanti juga akan menyampaikan apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan termasuk juga tips kepada daerah apa yang perlu untuk diwaspadai,” ungkapnya.

Untuk diketahui, data inflasi di Kota Tebingtinggi, berdasarkan BPS Kota Tebingtinggi, Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Tebingtinggi mengikuti IHK Kota Pematangsiantar.

Pada bulan Juli 2023, tingkat inflasi Kota Pematangsiantar bulan ke bulan (m to m) sebesar 0,10 persen sementara inflasi tahun ke tahun (y to y) sebesar 3,17 persen. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru