26 C
Medan
Sabtu, Juli 27, 2024

Rektor Unimed: Saat Ini Dunia Kerja Membutuhkan Kemampuan dan Skill

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syamsul Gultom mewisuda 1.377 lulusan Unimed di Ruang Serba Guna, Selasa (22/8/2023).

Lulusan yang diwisuda berasal dari 140 lulusan Program Pasca Sarjana, 168 Fakultas Ilmu Pendidikan, 179 Fakultas Bahasa dan Seni, 88 Fakultas Ilmu Sosial, 337 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 155 Fakultas Teknik, 106 Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 204 lulusan Fakultas Ekonomi.

Prof Syamsul mengucapkan selamat atas kelulusan dengan gelar akademik yang diraih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, semoga dapat menghantarkan ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan ke dua orang tua dan keluarga.

Wisuda ini, bukan menyatakan bahwa masa belajar telah berakhir. Justru harus dijadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki.

Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh, harus menjadi modal utama agar mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup.

Ia menjelaskan Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor dan 19 Program Magister yang terus berkembang dan memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61% sudah terakreditasi A/Unggul.

Di era revolusi industri dan menuju era society 5.0, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan literasi bahasa Inggris.

Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai hal. Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya ada 10 skill yang dibutuhkan di masa depan.

Yakni ilmuwan yang kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim atau kolaborasi, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan mengendalikan emosi, berpikir kritis, dan networking.

Melalui implementasi kurikulum berbasis KKNI dan penugasan enam tugas wajib dalam setiap mata kuliah, pihaknya yakin lulusan Unimed yang di wisuda sudah memiliki 10 kompetensi dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

“Kami yakin saudara mampu berkolaborasi untuk meraih kesuksesan di dunia kerja yang akan menghantarkan saudara dapat hidup sukses yang lebih cemerlang, untuk membahagiakan ke dua orang tua dan keluarga,” katanya. (P2)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru