27.8 C
Medan
Senin, Maret 4, 2024

Polres Tanah Karo Launching Patroli Presisi dan Unit Reaksi Cepat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Karo (buseronline.com) – Polres Tanah Karo melaunching Patroli Presisi dan Unit Reaksi Cepat yang digelar Mapolres Tanah Karo.

Tampak hadir Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman SH SIK MM CPHR, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga, Danyon 125 Simbisa diwakili Letda Sutrisno, Dansubdenpom I/2 – I Berastagi Kapten Kav CPM Susanto Juliardi dan Kadishub Karo Frolin Perangin-angin.

Kapolres menyampaikan, Tim Patroli Presisi Polres Tanah Karo tersebut nantinya akan mengedepankan upaya pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat di wilayah Kabupaten Karo agar tetap kondusif.

“Unit ini nantinya akan melakukan langkah-langkah preventif terhadap potensi gangguan dijajaran, khususnya mengantisipasi kejahatan jalanan seperti 3C, genk motor/balap liar serta tauran antar kelompok masyarakat,” ujarnya.

Kapolres menegaskan kepada personel untuk melakukan pemetaan zona rawan agar tujuan patroli jelas dan terukur.

“Petakan zona-zona rawan dan atur waktu yang sesuai dalam pelaksanaan patroli, sehingga patroli jelas dan terukur,” tegasnya.

Kapolres juga memerintahkan para pimpinan satuan dan polsek jajaran untuk senantiasa melakukan identifikasi permasalahan yang muncul dan akan muncul atas situasi yang terjadi dan tindakan yang sedang maupun akan dilakukan, untuk meminimalisir terjadinya potensi konflik di setiap wilayah.

Selain Patroli Presisi, juga ada Unit Respon Cepat (URC) 110 untuk penanganan tindak pidana ataupun laporan masyarakat lainnya, yang terintegrasi dengan layanan Call Center 110 Polres Tanah Karo.

“Jadi selain Patroli Presisi, juga ada unit khusus untuk respon cepat laporan pengaduan dari masyarakat yang terintegrasi dengan Call Center 110”, jelasnya.

Patroli Presisi dan Unit Reaksi Cepat ini adalah gabungan personel dari setiap-setiap fungsi yang ada di Polres Tanah Karo guna gerak cepat dalam upaya preventif dan penanganan awal tindak lanjut laporan masyarakat.

Diakhir amanatnya, Wahyudi Rahman menyampaikan kepada seluruh personel, untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas.

“Jaga kedisiplinan dan wibawa serta laksanakan tugas dengan humanis sesuai dengan SOP yang ada,” ujarnya.

Setelah apel launching, dilanjutkan patroli show force keliling kota Kabanjahe yang dilepas langsung Wakil Bupati Karo didampingi Forkopimda. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru