25 C
Medan
Minggu, Juni 23, 2024

Medan Digifest, USU-BI Rilis Qris Endowment Fund USU

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Universitas Sumatera Utara (USU) berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Medan Digifestival sekaligus merilis QRIS Endowment Fund USU di Gedung Pancasila USU, pada Jumat (25/8/2023).

Medan Digifestival merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Dies Natalis USU ke-71. Berbagai kegiatan yang terdapat pada Digifestival, di antaranya adalah talkshow, funwalk, pasar produk UMKM dan craft, serta pameran produk dari industri jasa keuangan.

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin SSos MSi dalam sambutannya menjelaskan fenomena pembayaran tanpa uang tunai atau cashless semakin meningkat setiap tahunnya.

Maka dari itu, beliau mengatakan pemahaman tentang literasi keuangan digital penting untuk diberikan kepada masyarakat, khususnya Mahasiswa USU.

“Jadi cashless itu fenomenanya semakin lama akan semakin bertambah,” jelasnya.

Medan Digifestival merupakan suatu bentuk dukungan awal USU, sebagai tuan rumah, mengenai sosialiasi literasi keuangan digital.

Prof Muryanto Amin menegaskan akan ada project-project yang diadakan untuk memperluas dan memperdalam pemahaman masyarakat mengenai keuangan digital dengan memanfaatkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) nantinya.

“MBKM itu bisa kita lakukan project-project kecil yang kemudian berdampak untuk memperdalam pemahaman masyarakat,” tegasnya

Dalam kesempatan yang sama, Prof Muryanto Amin menjelaskan tentang Endowment Fund USU yang baru saja diluncurkan.

Endowment Fund merupakan sumber pendanaan berbentuk donasi yang berasal dari masyarakat untuk menutupi kekurangan dana pada perguruan tinggi.

“Endowment Fund salah satu sumber pendanaan untuk menutupi kekurangan,” jelasnya.

Mewakili Wali Kota Medan Erwin Saleh SSTP MAP menyinggung tentang beberapa kasus mahasiswa yang terjebak hutang pinjaman online.

Beliau mengatakan selain mahasiswa yang harus bijaksana dalam mengelola dana, harus ada kebijakan dari negara terkait bantuan yang dapat diberikan kepada mahasiswa yang sulit secara finansial.

“Mungkin harus ada kebijakan dari negara untuk memberikan bantuan pinjaman yang mudah bagi mahasiswa,” katanya.

Berdasarkan Survey Literasi dan Inklusi Keuangan Sumut tahun 2022, Indeks Literasi Keuangan hanya sebesar 51,7% sedangkan Indeks Inklusi Keuangan telah mencapai 95,58%.

Oleh sebab itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, IGP Wira Kusuma menerangkan pentingnya peran berbagai pihak, salah satunya institusi pendidikan, untuk mengedukasi masyarakat mengenai keuangan digital.

“Institusi pendidikan memiliki peran penting dalam edukasi keuangan dalam masyarakat,” terangnya

IGP Wira Kusuma turut menyampaikan ucapan selamat atas Dies Natalis USU ke-71. Beliau berharap USU dapat selalu mencetak lulusan yang terbaik dan berkualitas.

“Kami menyampaikan selamat dan sukses untuk Dies Natalis USU ke-71,” ucapnya

Direktur Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE MSi menuturkan Endowment Fund merupakan salah satu cara USU dalam memenuhi kewajiban dalam mencari dana untuk keberlangsungan kegiatan-kegiatan USU.

“Endowment Fund merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan universitas untuk mencari dana,” tuturnya.

Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE MSi berharap agar informasi mengenai Endowment Fund USU dapat tersebar dengan baik dan para civitas akademika, mitra USU, maupun Masyarakat dapat membantu USU dalam berkembang.

“Paling utama adalah Endowment Fund ini tersosialisasi dengan baik,” harapnya. (P2)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru