27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Personel Ditsamapta Polda Kaltim Laksanakan Latihan Pengendalian Massa dalam Rangka Persiapan Sispamkota

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Balikpapan (buseronline.com) – Dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Kota Balikpapan, personel Direktorat Samapta Polda Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) yang dilaksanakan di Lapangan Mako Dit Samapta Polda Kaltim.

Latihan ini merupakan bagian dari persiapan Sistem Pengamanan Kota (SispamKota) yang akan segera dijalankan dalam rangka menyambut pesta demokrasi.

Kegiatan yang dipimpin Kasubdit Dalmas AKBP R Sigit Satrio Hutomo SE ini melibatkan sejumlah personil Subdit Dalmas, Raimas dan Unit Polatwa K9.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Iptu Sabarudin, Aiptu Eddy Nur Harisu, serta Bripka F Panjaitan, yang bertindak sebagai pawang satwa.

Selain itu, para senior dari unit Dalmas Dit Samapta Polda Kaltim juga turut memberikan arahan dan bimbingan kepada personel yang berlatih.

Dalam latihan yang berlangsung dengan tertib, para personil Dit Samapta Polda Kaltim diberikan simulasi situasi pengendalian massa yang melibatkan skenario-skenario yang mungkin terjadi dalam menjaga ketertiban di tengah kerumunan.

Latihan ini meliputi strategi komunikasi yang baik dengan massa, taktik penanganan kerusuhan, serta penggunaan peralatan pengendalian massa secara efektif dan proporsional.

“Latihan ini adalah bagian yang penting dalam memastikan bahwa personil DitSamapta Polda Kaltim siap menghadapi tugas dalam pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Dan juga sarana untuk melaksanakan SispamKota. Kami berkomitmen untuk menjalankan tugas kami dengan profesionalisme,” ujar AKBP R Sigit Satrio Hutomo SE.

Latihan ini berjalan lancar dan aman, dengan seluruh personil menunjukkan kedisiplinan dan kerja sama yang tinggi.

Dit Samapta Polda Kaltim juga merencanakan untuk terus meningkatkan pelatihan dan kesiapan personil dalam menghadapi tantangan-tantangan keamanan yang dinamis. (R3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru