30 C
Medan
Rabu, Februari 21, 2024

Susanti Sambut Baik Program Pengabdian Masyarakat FK USU di Kota Pematangsiantar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) mengadakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kota Pematangsiantar. Program ini sangat disambut baik Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA.

Susanti mengaku teringat masa lalu saat bertemu rekan sejawat dari FK USU, di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsiantar. “Jadi teringat masa lalu saya,” katanya.

Wali kota perempuan pertama di Pematangsiantar itu menyampaikan pembangunan kesehatan adalah investasi terbesar untuk mencetak generasi muda yang sehat, bugar, dan produktif.

Kegiatan program promotif dan preventif memiliki potensi meningkatkan paradigma hidup sehat di masyarakat, sehingga dapat mencegah penyakit menular dan tidak menular.

Ia mengatakan mengacu pada semangat dan visi Kota Pematangsiantar untuk menjadi kota yang sehat, sejahtera, dan berkualitas, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya pelayanan kesehatan yang mengedepankan program preventif dan promotif melalui edukasi, skrining, dan deteksi tumbuh kembang bayi secara komprehensif dan terintegrasi.

Susanti mengatakan dengan delapan kecamatan, 19 Puskesmas, delapan Puskesmas Pembantu, dan 249 Posyandu, Kota Pematangsiantar memberikan pelayanan kesehatan kepada lebih dari 277 ribu penduduknya.

“Pemerintah Kota Pematangsiantar selalu mendukung program pembangunan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan, yang ditandai dengan penurunan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan status gizi, serta penurunan angka stunting,” ujar mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih itu.

Kegiatan diisi dengan penyerahan plakat dan timbangan anak dari FK USU kepada dr Susanti dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan ini dihadiri tim pelaksanaan PKM FK USU, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar drg Irma Suryani MKM, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Hasudungan Hutajulu SH, serta Direktur RSUD Djasamen Saragih dr Aulia Sukri Sambas MKM. Juga hadir, kader TP PKK Kota Pematang Siantar dan para tenaga medis. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru