25 C
Medan
Minggu, Juni 23, 2024

Pemkab Toba Gelar Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Toba (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, gelar Pekan Kebudayaan Daerah tahun 2023.

Event yang mempertandingkan permainan daerah yang berlangsung di Kompleks Rajabonanionan Pardede Onan, Kecamatan Balige ini, dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Rusti Hutapea.

Adapun jenis permainan daerah yang dipertandingkan pada kegiatan ini, yakni lomba jalekkat (engrang), lomba gasing, dan lomba congklak. Ketiga permainan ini diikuti tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Toba.

Kadisbudpar Toba, Rusti Hutapea menyebutkan tujuan kegiatan ini sebagai salah satu upaya melestarikan permainan tradisi kebudayaan daerah.

Kegiatan ini juga sebagai sarana hiburan rakyat untuk dinikmati masyarakat Toba. Karena seiring dengan berkembangnya jaman, banyak permainan tradisional yang mulai ditinggalkan.

Dengan adanya pekan kebudayaan daerah ini,katanya, diharapkan dapat terus melestarikan permainan tradisi di Kabupaten Toba sehingga dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Acara ini sendiri ditutup Bupati Toba, Poltak Sitorus yang ditandai Juga dengan pemberian piala kepada para pemenang. (TR)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru