25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Ijeck Beri Semangat ke Mahasiswa PTKU MUI Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah memberi semangat kepada perwakilan mahasiswa Pendidikan Tinggi Kader Ulama (PTKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumut yang akan melaksanakan praktek lapangan ke Thailand, Malaysia dan Singapura.

“Kesana untuk memperkaya ilmu, setelah pulang dari sana mau ngapain, harus tahu,” kata Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat menerima kunjungan enam mahasiswa PTKU MUI Sumut didampingi Pengarah Ardiansyah, Direktur Hasan Bakti Nasution, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Arso dan Sekretaris Arifinsyah di Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud Medan.

Menurut Ijeck, problematika dakwah mulai dari kurangnya dai dan tenaga pengajar masih terus terjadi di pelosok-pelosok daerah atau daerah minoritas Islam.

Ia pun berharap mahasiswa PTKU MUI yang sudah diseleksi dari berbagai kabupaten/kota bisa ikut menjawab problematika ini.

“Setelah tamat harus mau kembali ke kampung halaman, berdakwah dan berinovasi. Menjadi ulama harus siap berkorban waktu, pikiran dan materi, dan jangan pernah takut, insya Allah semua pengorbanan akan diganti Allah. Kalau untuk agama pasti itu, pasti Allah ganti,” ujarnya.

Ia meminta para mahasiswa untuk percaya diri menggapai cita-citanya. “Jangan pernah merasa kecil karena berasal dari kampung, dari desa. Semua punya kesempatan yang sama, tinggal bagaimana kalian bisa mempergunakan kesempatan dan waktu belajar di PTKU ini dengan baik,” ungkapnya.

Sementara, Sekretaris PTKU MUI Sumut Arifinsyah mengatakan seluruh mahasiswa angkatan ke-7 sebanyak 24 orang akan berangkat mengikuti praktek lapangan ini.

“Program praktek lapangan ini kita adakan di setiap akhir pendidikan mahasiswa, tiga tahun sekali. Biasanya kita buat kunjungan antarprovinsi, tapi tahun ini kita ingin ke luar. Kita ingin anak-anak bisa termotivasi saat nanti melihat bagaimana Islam bisa maju padahal berada di daerah minoritas dan hal-hal lainnya,” katanya.

PTKU MUI Sumut lanjutnya menjaring mahasiswa dari kabupaten/kota per tiga tahun sekali. “Sengaja kita ambil dari MUI kabupaten/kota karena memang harapannya mereka setelah gamat bisa kembali ke daerahnya masing-masing menjadi ahli agama, pengamal agama dan pembela agama,” harapnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Wagub Musa Rajekshah atas sambutan dan nasihat baiknya kepada para mahasiswa.

“Semoga pertemuan ini diridhai Allah SWT dan memberikan berkah. Semua nasihat yang disampaikan Wagub menjadi semangat untuk kita semua khususnya adik-adik mahasiswa PTKU MUI Sumut,” tutupnya. (TR)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru