26.7 C
Medan
Kamis, Februari 22, 2024

Hassanudin Dikabarkan Jadi Pj Gubernur Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Hassanudin dikabarkan menjadi Pj Gubernur Sumut. Selain Hassanudin, ada sembilan orang lainnya yang ditunjuk menjadi Pj Gubernur di berbagai daerah lain di Indonesia.

Jumlah Pj Gubernur ini ada 10 orang. Mereka yang ditunjuk Mendagri atas nama Presiden Joko Widodo ini adalah Bey T Machmuddin (Jawa Barat), Nana Sudjana (Jawa Tengah), Hassanudin (Sumatera Utara), Sang Made Mahendra Jaya (Bali), Ridwan Rumasukun (Papua).

Ayodhia Kalake (Nusa Tenggara Timur), Lalu Gita Ariadi (Nusa Tenggara Barat),Harrison Az-roi (Kalimantan Barat), Andap Budhi Revianto (Sulawesi Tenggara), dan Bachtiar Baharuddin (Sulawesi Selatan).

Rencananya, ke 10 Pj Gubernur ini akan dilantik, Selasa (5/9/2023) di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Lantas siapakah Sosok Hassanuddin?

Mayjen TNI (Purn) Hassanudin merupakan perwita tinggi TNI yang menjabat sebagai Wakil Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Wairjend).

Pria asal Palembang ini mulai terjun ke militer setelah lulus dari akademi militer (Akmil) kecabangan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) tahun 1989.

Pria kelahiran 7 September 1965 ini banyak menorehkan prestasi selama berkarir di militer.

Karir:

– Danmen Arhanud 1/Falatehan tahun 2011

– Paban I/Jakrenstra Srenad dan Pamen Denma Mabesad.

– Asrendam I/Bukit Barisan tahun 2013

– Danpusdik Arhanud

– Komandan Korem 045/Garuda Jaya tahun 2014

– Pamen Denma Mabesad tahun 2016

– Irut Reproggar Itjenad tahun 2017

– Waasrena Kasad tahun 1017

– Kasdam

– Asrena Kepala Staf TNI angkatan darat (KSAD) tahun 2019

– Pangdam Iskandar Muda tahun 2020

– Pangdam I/Bukit Barisan tahun 2022

– Wairjenad tahun 2022

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengharapkan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut yang akan menggantikannya melaksanakan seluruh program yang telah disepakati dengan DPRD Sumut dalam APBD 2024.

Hal ini disampaikan Edy karena masa jabatannya dengan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah akan berakhir 5 September 2023 mendatang. Dia mengatakan, walaupun jabatannya sudah berakhir, tapi program harus tetap berjalan.

“Rakyat sumut walaupun saya berakhir nanti, tapi ketua DPRD belum berakhir, berkesinambungan ini, dan program ini harus didukung, harus diteruskan siapa pun, ada Pj nanti,” kata Edy usai mengikuti Sidang Paripurna, di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Kamis (17/8/2023).

Mantan Pangkostrad ini juga meminta awak media dan masyarakat mengawasi kinerja Pj Gubernur Sumut nantinya. Sebagaimana diketahui, DPRD Sumut sudah mengajukan tiga nama calon Pj Gubernur ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

“Untuk Pj ini, wartawan juga berhak untuk mengawasinya, yang sudah diketok dalam paripurna untuk 2024, inikan sudah diketok oleh dewan, ya harus di ikutin, harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Selain itu, mengenai visi misi Sumut Bermartabat yang masih belum tercapai, baik dari aspek Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Infrastruktur. Edy mengaku, hingga akhir masa jabatannya, masih berada di angka 68 persen.

“Itu merupakan pertanggung jawaban dan amanah, 68 persen baru hanya terpenuhi. Katakan lah 70 persen, 30 persen yang perlu kita evaluasi, itulah di 2024 kita kejar,” ungkapnya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru