26.7 C
Medan
Kamis, Februari 22, 2024

TPID Karo Monitoring Harga Beras di Pusat Pasar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Karo (buseronline.com) – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karo melakukan kegiatan monitoring langsung ke lapangan untuk mengecek harga dan ketersediaan beras di Pusat Pasar Kabanjahe.

Kegiatan ini dilakukan untuk memonitor dan menganalisis pergerakan harga di pasar, serta melakukan tindakan-tindakan preventif dan korektif untuk mengendalikan harga beras.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Karo, Drs Dapat Kita Sinulingga yang langsung memimpin monitoring, di lapangan ditemukan kenaikan harga beras.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga tersebut, Bulog bersama dengan Pemerintah Kabupaten Karo ke depannya akan melakukan perluasan jaringan mitra baru Bulog di Kabupaten Karo.

Turut hadir dalam monitoring tersebut, Kepala Bulog KCP Kabanjahe Eko Kumboro, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karo Hendrik Philemon Tarigan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Karo Sarjana Purba.

Pada hari yang sama, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang bersama dengan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karo mengikuti secara virtual dari ruang Karo Command Center, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bertempat di Istana Negara.

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Tema utama Rakornas tahun ini adalah “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”.

Rakornas Pengendalian Inflasi adalah pertemuan tahunan tingkat nasional berkaitan dengan koordinasi pengendalian inflasi.

Pertemuan ini diinisiasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan didukung oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) bekerja sama melalui TPIP dan TPID untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil dan mencapai target inflasi nasional, meskipun sedang dihadapkan pada berbagai risiko inflasi dan tantangan terkait ketahanan pangan. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru