30 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Sumut Tambah Lima Medali Emas Popnas 2023

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kontingen Sumut menambah lima medali emas dari cabang wushu dan karate pada hari kelima Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 di Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat (1/9/2023), Empat emas di antaranya diraih dari cabang olahraga wushu.

Emas tersebut disumbangkan Leo Vando Situmeang dari kelas 48 kg putra setelah di final mengalahkan Haikal (Sumsel).

Emas selanjutnya diraih Lalu Genea Elyos Silaban dari kelas 52 kg putra setelah di final mengalahkan Dewangga (Jateng).

Kemudian, Yanto Rizal Silaban menyumbangkan emas dari kelas 65 kg putra mengalahkan David (Sumsel).

Emas keempat disumbangkan Naila Sitepu dari kelas 56 kg putri mengalahkan Juwita Lestari (Jambi).

Secara keseluruhan, Sumut meraih 4 emas dan 2 perunggu dari cabang wushu. Dua perunggu disumbangkan Andre Butar-butar dan Tity Nainggolan.

“Pastinya bangga terhadap perjuangan atletnya. Dari delapan atlet yang dikirim, hanya dua orang gagal meraih medali. Kami juga berhasil melewati target tiga emas dengan menyumbang empat emas,” ujar Junita Malau.

Sementara dari cabang karate, Sumut berhasil meraih satu emas lewat Jay Lexie. Dia mengalahkan Rival Putra (Banten) di final.

Sumut juga menambah satu medali perak dari cabang atletik lewat Josua Simanjuntak di nomor 5.000 meter putra. Josua kalah dari Tarsisius Seso (NTT) di final

Tambahan lima medali emas ini membuat Kontingen Sumut secara keseluruhan telah mengoleksi 6 emas, 8 perak, dan 9 perunggu.

Untuk sementara Sumut berada di posisi 11 daftar perolehan medali sementara. Sumut pun kini berjarak satu tingkat dari target 10 besar untuk Popnas tahun ini. (TR)

Berita Lainnya

Berita Terbaru