27.8 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Pelatihan Penguatan dan Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Bagi Anak di Dairi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sidikalang (buseronline.com) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Dairi gelar pelatihan penguatan dan pengembangan lembaga penyedia layanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus, di Kantor Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kekelengen.

Kegiatan itu turut dihadiri Komisioner Komnas Perempuan Veryanto Sitohang sebagai narasumber. Kepala DP3AP2KB Dairi yang diwakili Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Nelfita Tanjung menyampaikan pelaksanaan pelatihan manajemen khusus untuk menambah pengetahuan dan pemahaman peserta dalam upaya mencegah dan menangani kasus kekerasan terhadap anak.

“Melalui pelatihan itu, diharapkan dapat memperkuat jaringan dan koordinasi antar lembaga penyedia layanan anak sebagai wujud nyata dari Pemkab Dairi dalam memberikan jaminan atas perlindungan seluruh anak,” ujarnya.

Sementara, Veryanto Sitohang mengatakan pelatihan menghadirkan lembaga yang menyediakan layanan anak seperti Kementerian Agama Kabupaten Dairi, perwakilan gereja yang ada di Kabupaten Dairi, pihak kepolisian, perwakilan RSUD Sidikalang dan perwakilan masyarakat.

Tujuannya bagaimana masing-masing pihak memiliki pengetahuan tentang penanganan kasus yang baik sehingga upaya perlindungan terhadap anak semakin baik dikemudian hari.

Dengan pelatihan tidak ada lagi anak di Dairi yang menjadi korban kekerasan. Kalaupun ada anak yang telah menjadi korban kekerasan, maka dia bisa mendapat upaya-upaya pemulihan dan perlindungan. Sehingga prinsip kepentingan terbaik untuk anak dapat dipenuhi dimasa yang akan datang.

“Yang paling penting adalah bagaimana mereka menemukan ide-ide untuk bisa mengatasi kasus kasus kekerasan terhadap anak dan melakukan upaya perlindungan. Kita berharap apa yang sudah dipelajari selama pelatihan bisa ditindaklanjuti dan berdampak,” ungkapnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru