30 C
Medan
Rabu, Februari 21, 2024

Ini Sasaran Operasi Zebra di Labuhanbatu

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Rantauprapat (buseronline.com) – Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu menggelar pasukan Operasi Zebra Toba 2023 di lapangan Mapolres. Apel gelar pasukan itu menandai Operasi Zebra telah dimulai.

James menyebut operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai 4 September 2023 sampai 17 September 2023, dengan tema “Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024 di wilayah Provinsi Sumut”.

Kapolres menjelaskan ada delapan sasaran prioritas pelanggaran yang akan ditindak selama Operasi Zebra.

“Sasarannya yaitu pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengemudi sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi yang tidak memakai helm SNI atau tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang dalam keadaan mabuk, pengemudi yang melawan arus, pengemudi yang melebihi batas kecepatan dan pengemudi kendaraan kenalpot blong,” sebutnya.

Selain itu, ia juga menegaskan kepada personel pelaksana operasi agar mengutamakan keselamatan dengan memedomani standar operasional prosedur (SOP/pedoman untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja).

“Laksanakan tugas sesuai SOP. Tidak ada personel yang arogan. Bekerjalah dengan simpatik dan humanis dengan mengedepankan 3S (senyum, sapa dan salam),” imbaunya.

Ia juga menekankan kepada para perwira pengendali, fungsi Propam serta seksi pengawasan (Siwas), harus mampu melakukan pengawasan terhadap personel pelaksana selama operasi.

Ia berharap pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2023 di wilayah hukum Polres Labuhanbatu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam tertib berlalulintas.

Apel gelar pasukan operasi zebra ini dihadiri unsur Forkopimda Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara beserta instansi terkait yang dilibatkan dalam operasi tersebut. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru