23.9 C
Medan
Sabtu, Juni 22, 2024

Pemkab Simalungun Bagikan Booklet Transisi PAUD ke SD

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Bunda PAUD Simalungun Ratnawati Sidabutar membagikan booklet tentang transisi PAUD ke SD di SD Negeri 091714 Marubun Siboras, Kecamatan Rayakahean.

Acara tersebut dirangkai dengan kegiatan sosialisasi dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor: 0759/C/HK.05.01/2023.

Radiapoh mengatakan anak-anak adalah generasi penerus masa depan bangsa dan ke depan menjadi calon-calon pemimpin. Sosialisasi tersebut sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan masa-masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Ia berharap sosialisasi dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Simalungun. Namun, sosialisasi melalui media sosial dinilai memiliki kendala karena masih terdapat sejumlah daerah yang belum tersentuh jaringan internet.

Sementara, Ratnawati Sidabutar meminta para guru dan kepala sekolah agar lebih memperhatikan anak-anak, khususnya kelas 1 SD yang masih dalam tahap pengenalan lingkungan.

“Kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan. Guru-guru agar lebih memperhatikan anak-anak. Jangan hanya memberikan PR (pekerjaan rumah),” ujarnya.

Para orang tua dan kepala sekolah disarankan untuk memprogramkan pertemuan antara orang tua dengan pihak sekolah agar mengetahui perkembangan pendidikan anak.

“Anak-anak bukan hanya tanggungjawab guru dan pemerintah, tetapi tanggungjawab kita semua. Kalau di sekolah adalah tanggungjawab guru untuk memberikan pendidikan. Jika di rumah menjadi tanggungjawab orang tua. Mari kita berikan yang terbaik untuk anak-anak kita,” kata Ratnawati.

Ia juga memotivasi anak-anak untuk semakin rajin belajar agar ke depan meraih kesuksesan dan menjadi kebanggaan orang tua dan bangsa. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru