22.8 C
Medan
Sabtu, Juni 22, 2024

Bupati Dairi Minta HRNS Indonesia Kembangkan Kopi Arabika dan Robusta

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sidikalang (buseronline.com) – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menerima kehadiran perwakilan Hanns R Neumann Stiftung (HRNS) Indonesia, di Ruang Rapat Bupati.

Perwakilan HRNS Indonesia yakni Jorge Tiemeier Mark Thinders, Deni Simangunsong dan Nova Tarigan.

Eddy menyampaikan komitmen yang sudah dibangun untuk pengembangan budidaya tanaman kopi harus terus dilakukan, sehingga kopi Sidikalang kembali terkenal dan berkualitas.

Pengembangan itu dilakukan melalui dukungan pihak swasta yaitu HRNS Indonesia. Dengan adanya dukungan itu, harus menjadi penambah semangat menjalankan komitmen pengembangan tanaman kopi.

“Kita berharap komitmen mengembangkan kopi harus terwujud dengan dukungan HRNS,” ucapnya.

Bupati meminta kepada HRNS agar fokus kegiatannya di lapangan tidak hanya fokus pada kopi Arabika, tetapi juga pengembangan kopi Robusta Sidikalang.

Jorge Tiemeier Mark Thinders mengaku senang datang ke Sidikalang, dimana daerah ini memiliki kopi yang cukup enak dan terkenal. Tugas penting HRNS adalah memberi dukungan pada pertanian Dairi.

Pihaknya akan melakukan pengembangan kopi secara bertahap. Bukan hanya training (pelatihan), tetapi juga praktek di lapangan.

Tahun depan pihaknya akan membagikan bibit kepasa tiga ribu petani, karena HRNS adalah lembaga non profit. Bibit kopi akan dibagikan kepada petani 50 batang per petani.

Sesuai perjanjian, HRNS sudah melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan serta praktek agrikultur yang baik (best practice), kualitas produk, pemasaran dan pengembangan kelembagaan kelompok tani.

“Semua itu dilakukan guna membantu agar pertanian dan hal lain di dalamnya tumbuh lebih maju,” ucapnya.

Turut hadir pada pertemuan itu, Pj Sekda Dairi Charles Bancin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Dairi Swasta Ginting, Kepala Dinas Pertanian Dairi Robot Simanullang, Kepala Dinas Perindagkop Dairi Iwan Taruna Berutu, Kabag Perekonomian Pemkab Dairi Lipinus Sembiring dan lainnya. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru