27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

Direktur Polmed Abdul Rahman SE Ak Msi: Lulusan Perguruan Tinggi Harus Memiliki Keahlian Khusus

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Direktur Politeknik Negeri Medan (Polmed) Abdul Rahman SE Ak Msi mengatakan lulusan perguruan tinggi harus memiliki hard skills berupa keahlian khusus sesuai bidang keilmuan dan soft skills berupa kemampuan komunikasi, kemampuan adaptasi/fleksibilitas, kerjasama tim (tim work), tingkat kepekaan, motivasi, etika, serta daya inovasi dan kreativitas yang memadai sehingga mampu menghadapi tantangan zaman.

Hal itu dikatakan Abdul Rahman SE Ak MSi pada acara wisuda 1.666 orang lulusan Polmed yang terdiri dari enam orang lulusan Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi, 329 orang lulusan Sarjana Terapan dan 1.331 orang lulusan Ahli Madya, di Auditorium USU Medan, Selasa (12/9/2023). Wisuda berlangsung dua hari hingga, Rabu (13/9/2023).

Dengan wisuda itu jumlah lulusan atau alumni Politeknik Negeri Medan dari tahun 1985 sampai dengan saat ini sebanyak 42.171 orang dari berbagai jurusan dan program studi.

Pada wisuda tersebut hadir calon Direktur Polmed yang baru terpilih Dr Ir Idham Kamil ST MT, para wakil direktur antara lain Prof Dr Roslina Mit, M Ridwan Effendi Salam Manik SE ME, Ing Heru Pranoto ST, Delisma Siregar ST MT.

Politeknik Negeri Medan bulan September tahun ini sudah berusia 41 tahun. Pada saat ini Politeknik Negeri Medan menyelenggarakan enam jurusan. Pada tahun 2022 Politeknik Negeri Medan mendapat kepercayaan oleh Kementerian Keuangan untuk melakukan pengelolaan keuangan dari Satuan Kerja (Satker) menjadi Badan Layanan Umum (BLU) pada tanggal 29 Juli 2022 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 301/KMK.05/2022.

Pengelolaan BLU ini tentunya akan memperkuat pengelolaan Perguruan Tinggi secara mandiri, dan akan memberikan manfaat bagi institusi dan civitas akademika.

Meningkatkan kontribusi Polmed dalam pembangunan nasional.
Politeknik Negeri Medan juga saat ini telah bekerjasama dengan Industri dan Pemerintah dengan menyelenggarakan kelas kerjasama. Politeknik Negeri Medan tahun ini juga berhasil mendapatkan beberapa hibah.

Penguasaan keterampilan dan pengetahuan global penting dimiliki generasi muda terlebih di era globalisasi. Oleh sebab itu, pembangunan sumber daya manusia Indonesia perlu dilakukan agar dapat bersaing di dunia global, salah satunya melalui pendidikan vokasi.

Tantangan yang Saudara hadapi ke depan sangat jauh berbeda dibandingkan pada masa kini, pengembangan sumber daya manusia merupakan salah satu kunci kemajuan Indonesia di masa mendatang.

Perubahan dunia sangat cepat, yang mau tidak mau harus kita selaraskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Permintaan industri dan dunia kerja dari hari ke hari memiliki standar yang terus meningkat, kebutuhan akan tenaga profesional tidak lagi bisa dihindari.

Saat ini industri dan dunia kerja tidak lagi semata-mata membutuhkan lulusan dengan berbekal ijazah, tetapi juga sertifikat kompetensi di segala bidang. Kebutuhan dunia industri terhadap tenaga kerja muda, cekatan, dan terampil sangatlah tinggi.

Tak hanya itu, dunia industri juga membutuhkan tenaga kerja dengan sikap dan softskill yang baik, siap dengan perubahan, inovatif serta memiliki daya tahan tinggi.

Pendidikan vokasi, merupakan pendidikan yang berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang khas serta berkemampuan untuk siap kerja.

Dengan demikian, lulusan pendidikan vokasi mampu bersaing secara global karena fokus pada pengembangan keterampilan dan teknologi aplikatif.

Lulusan Politeknik Negeri Medan dididik oleh pendidik yang memiliki kompetensi sesuai bidang keahlian.

Pada tahun ini juga Polmed untuk pertama kalinya memiliki sekaligus dua orang Guru Besar yaitu Prof Dr Arridina Susan Silitonga ST MEng, dan Prof Dr Ir Roslina MIT.

Pencapaian gelar guru besar tersebut membuktikan bahwa Polmed memiliki kompetensi dan sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni di berbagai bidang ilmu,kata Direktur. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru