24.4 C
Medan
Minggu, April 14, 2024

Pelaksanaan Imunisasi di SDN 137698

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tanjungbalai (buseronline.com) – Paramedis dari Puskesmas Mayor Umar Damanik, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, melakukan imunisasi kepada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 137698.

Imunisasi tersebut menindaklanjuti surat edaran Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor IM.04.01/C/3418/2023 tentang pelaksanan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2023.

“Tadi pagi petugas medis dari Puskesmas Mayor Umar Damanik telah melakukan imunisasi kepada siswa dan siswi kami,” kata Kepala Sekolah SDN 137698, Aprida Yuni SPd kepada wartawan.

Yuni mengatakan paramedis dari Puskesmas memberikan dua jenis imunisasi kepada siswa dan siswinya yaitu imunisasi campak atau ‘measlas rubella (MR)’ dan imunisasi ‘human papilloma virus (HPV)’.

“Petugas yang datang tadi memberikan dua jenis imunisasi, yang pertama imunisasi campak/MR untuk siswa kelas 1 SD dan imunisasi HPV khusus kepada siswi atau murid perempuan kelas V SD,” ujarnya.

Sebelum melakukan imunisasi lanjut Yuni, petugas medis puskesmas terlebih dahulu memberikan surat pemberitahuan bulan Agustus 2023 lalu.

“Selanjutnya kami memberikan informasi kepada orang tua tentang pelaksanaan ini untuk memberikan ijin. Jadi siswa kami yang di imunisasi untuk kelas 1 sebanyak 26 orang dan kelas 5 siswa perempuan 13 orang, jadi total seluruhnya 39 siswa,” jelasnya.

Dengan adanya pelaksanaan imunisasi ini, Yuni berharap kedepannya bagi anak yang sudah mendapatkan imunisasi MR terhindar dari penyakit tetanus, divteri, campak dan rubela. Dan yang mendapatkan imunisasi HPV terhindar dari kangker leher rahim.

“Semoga siswa dan siswi kami yang telah mendapatkan imunisasi tadi dapat mendukung tumbuh kembang yang sehat dan kuat bagi mereka sehingga dapat berprestasi dengan baik pula di sekolah,” pungkas Yuni. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru