27 C
Medan
Selasa, Juli 23, 2024

Pesmaba UMM Ditutup, Kapolri Ingatkan Mahasiswa Jaga Pemilu dan Waspada Narkoba

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Malang (buseronline.com) – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menutup Penerimaan Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Listyo mengingatkan para mahasiswa untuk ikut serta menjaga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar aman dan damai.

“Adik-adik akan masuk tahap pertama (Pemilu). Oleh karena itu saya harapkan di tahun politik ini, kita bisa sama-sama menjaga agar Pemilu bisa berjalan dengan damai dan aman,” kata Listyo.

Listyo mengingatkan para mahasiswa untuk mewaspadai peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang bisa mengancam masa depan generasi muda Indonesia.

“Masalah narkoba ini menjadi tantangan kita. Ini terus terjadi setiap hari dan angkanya juga terus meningkat,” ujarnya.

Ia menjelaskan berdasarkan data yang dimiliki oleh pihak kepolisian, ada kurang lebih 4,8 juta penduduk Indonesia yang terpapar narkoba.

Sejauh ini Polri telah menangkap sebanyak 37.607 orang pelaku kasus narkoba hingga periode Agustus 2023.

Dari total 37.607 pelaku kasus narkoba yang ditangkap, sebanyak 1.549 orang berstatus sebagai mahasiswa.

Oleh karena itu, Listyo meminta mahasiswa menjaga diri dan lingkungan agar tidak terjerat dalam penyalahgunaan ataupun peredaran narkoba.

“Hingga Agustus 2023, kita mengungkap 37.607 pelaku, 1.549 itu adalah mahasiswa. Jadi, tolong jaga kampus kita, lingkungan kita, agar jangan sampai yang namanya narkoba ini jangan masuk,” tegasnya.

Listyo juga menekankan pada awal mula anak muda bersatu dalam sumpah pemuda hingga kemerdekaan termasuk kemajuan yang diraih Indonesia.

“Kita harus patut berbangga dan penting bagi kita untuk menjadi calon-calon pemimpin masa depan Indonesia sebagai upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045 apalagi dengan Indonesia yang dipercaya dan disegani negara lain,” ujarnya.

Karena itulah mahasiswa baru UMM diharapkan dapat menguatkan dan siap memasuki dunia global yang lebih maju.

“Dengan tetap menguatkan persatuan, kesatuan serta keimanan ditengah perkembangan yang sangat cepat,” tuturnya.

Sementara itu Rektor UMM, Prof Dr Fauzan MPd mengapresiasi kedatangan Kapolri dalam Pesmaba UMM.

“Tentu saja sudah menjadi tradisi setiap Pesmaba UMM untuk menghadirkan tokoh nasional termasuk Kapolri yang meski sudah dua kali datang namun spirit yang dibawa Kapolri akan menambah semangat mahasiswa baru siap menyambut tantangan masa depan dan UMM telah mempersiapkan berbagai sarana guna mencetak kualitas dan kuantitas kelulusannya yang siap,” ujarnya.

Pesmaba UMM diikuti oleh 6.500 mahasiswa baru angkatan 2023. Acara tersebut dibuka Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Hermanto. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru