24.7 C
Medan
Kamis, April 25, 2024

Dukung Destinasi Super Prioritas Danau Toba, Kapolres Tanah Karo Uji Coba Kapal Patroli Rigid Inflatable Boat di Tongging

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Karo (buseronline.com) – Mendukung Destinasi Super Prioritas Danau Toba di wilayah hukum Polres Tanah Karo, Kapolres Tanah Karo melakukan uji coba kendaraan dinas Kapal Patroli jenis Rigid Inflatable Boat (RIB) di perairan Danau Toba, Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Jumat (15/9/2023).

Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman kepada wartawan di Kabanjahe membenarkan pihaknya telah melaksanakan uji coba Kapal RIB tersebut, langsung di perairan Danau Toba di Tongging.

Turut mendampingi Wakapolres Kompol Aron Siahaan, Kabag SDM Kompol Kesmart Purba dan Kasat Pam Obvit Iptu Hendrik Tarigan.

“Giat patroli sekaligus melakukan uji coba kapal RIB dimulai dari Dermaga Tongging kemudian melintasi tepian Danau Toba dan sekitarnya,” ungkapnya.

Menurut Kapolres, kapal patroli jenis RIB ini adalah kombinasi antara speedboat rigid yang terbuat dari fiber-kaca diperkuat poliester dan tabung terbuat dari hypalon, yang menjaga stabilitas saat bermanuver sekaligus sebagai instrumen mengambang. Kendaraan ini terinstall di FRP kaku, dapat overhauled, dan berubah.

Kapolres menyampaikan dengan satuan baru yakni Sat Pam Obvit dengan kendaraan alat pendukung, Polres Tanah Karo akan lebih siap mendukung pengamanan wisata, khususnya Destinasi Super Piroritas Danau Toba.

“Sudah kita coba tadi Kapal RIB untuk patroli di perairan Danau Toba. Kebetulan kita punya dua orang personel pindahan dari Dit Polairud, jadi langsung bisa kita tugaskan untuk mengawaki Kapal RIB,” pungkas Kapolres.

Lanjut Kapolres, bahwa akan ada agenda event World Aquabike Championship 2023 di bulan November mendatang, yang salah satu lokasinya akan dilaksanakan di Tongging, jadi pihaknya dari kegiatan patroli tersebut sekaligus melaksanakan pemantauan lokasi yang akan dijadikan tempat event Aqua Bike.

“Jadi ada empat kabupaten yang digunakan untuk event tersebut yakni, Tongging Kabupaten Karo, Tao Silalahi Kabupaten Dairi, Pangururan Kabupaten Samosir dan Balige Kabupaten Toba pada tanggal 22-26 November 2023. Start dimulai dari Balige dan Finish di Tao Silalahi,” jelas Kapolres. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru