25.2 C
Medan
Kamis, April 25, 2024

HUT ke 78, Pj Gubernur Sumut Berharap PMI Jadi Agent of Change Dalam Menolong Sepenuh Hati

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumut menggelar perayaan HUT ke 78 PMI, di Hotel Grand Mercure Medan, Jalan Sutomo, Nomor 1, Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Ketua PMI Sumut DR H Rahmat Shah mengatakan di usia ke 78 tahun, PMI Sumut akan terus berusaha untuk menjadi organisasi yang terus berkembang mengikuti zaman dan tetap menjaga konsistensi serta komitmennya untuk terus hadir di tengah masyarakat Sumut.

Keberadaan PMI Sumut bukan hanya untuk menjalankan kegiatan donor darah saja, akan tetapi keberadaan PMI hadir membantu masyarakat dalam berbagai aspek seperti penanggulangan bencana, membantu masyarakat dalam bencana banjir, kebakaran, angin puting beliung, dan gempa.

Dalam menyemarakan HUT ke 78, PMI Sumut menggelar berbagai macam kegiatan sosial, pemberian paket sembako untuk masyarakat kurang mampu, pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan mata, promosi pola hidup bersih dan sehat serta kegiatan donor darah.

Pada kesempatan ini, ia berharap PMI Sumut selalu tetap menjalankan amanah dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab berdasarkan ikrar dan janji yang telah diucapkan. Berkomitmen untuk memajukan untuk memajukan PMI menjadi organisasi yang profesional dan dicintai masyarakat. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

“Untuk di PMI Sumut, kita telah menjalin kerjasama dengan pemerintah, TNI/Polri, kejaksaan, perguruan tinggi negeri/swasta, MUI, ormas, dan perusahaan. Tetap jalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak untuk tujuan kemanusiaan,” ujarnya.

Kemudian, ia berharap PMI Sumut bersahabat dengan berbagai pihak menjadi kunci dari kesuksesan. Menghindari sifat suka mengeluh, berdalih, dan saling menyalahkan agar kita dapat mencapai tujuan yang kita inginkan bersama.

“Marilah kita berbuat baik sekecil apapun kepada siapapun, dimanapun kita berada. Kita hidup dengan apa yang kita dapat, tetapi kita membuat kehidupan dengan apa yang kita berikan,” ungkapnya.

Sementara, Pj Gubernur Sumut diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumut Drs Basarin Yunus Tanjung MSi mengatakan sejarah mencatat banyak hal dalam kegiatan kemanusiaan yang telah dilakukan palang merah Indonesia dan bapak ibu merupakan bagian sejarah tersebut.

“Hari ini 17 September 2023, PMI berusia 78 tahun. Banyak proses yang telah terjadi yang membentuk PMI hingga seperti saat ini. Saya yakin proses inilah yang membentuk jati diri PMI. Pada peringatan ulang tahun ke 78 ini mengangkat tema menolong sepenuh hati. Saya pikir tema ini relevan dengan keadaan saat ini dan kembali mengingatkan kita semua, nilai dasar PMI dan bangsa kita,” ungkapnya.

Ia berharap nilai-nilai menolong sepenuh hati dapat tercermin dalam setiap gerak langkah PMI bukan hanya secara organisasi namun harus juga tergambar dalam setiap insan PMI, tergambar dari bapak ibu semua.

“Dari sini kita berharap bapak ibu menjadi agent of change dalam perwujudan dan menggelorakan menolong sepenuh hati bagi masyarakat Sumut dan Indonesia sehingga ini menjadi pergerakan bersama seluruh anak bangsa,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana HUT ke 78 PMI Sumut Novan Efendy Siregar SE MSi menyampaikan laporan tentang pelaksanaan kegiatan HUT ke 78 PMI. Pada tanggal 21 Agustus 2023, rapat pembentukan panitia HUT ke 78 PMI Sumut. Pada 14 September 2023 pembagian paket sembako bagi masyarakat tidak mampu disekitaran markas PMI Sumut sebayak 150 paket.

Pada tanggal 15 September 2023, dilaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako sebanyak 200 paket, pemeriksaan kesehatan 250 orang, pemeriksaan kesehatan gigi 100 orang, pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis sebanyak 150 paket, kegiatan donor darah.

Kemudian, edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Seluruh kegiatan ini dilaksanakan di Desa Klumpang Kampung, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang. Pada 16 September 2023, pembagian paket sembako sebanyak 100 paket untuk masyarakat sekitar markas PMI Sumut.

Pada 17 September 2023 dilaksanakan pembagian sembako untuk masyarakat di pusatkan di markas PMI Sumut. Pada puncak peringatan ini PMI Sumut juga memberikan penghargaan kepada PMI kabupaten/kota, UDD, donor darah sukarela 75 dan 50 kali.

Tampak hadir di acara tersebut antara lain, perwakilan Pangdam I/BB, perwakilan Kapolda Sumut, relawan donor darah sukarela 75 dan 50 kali, tokoh agama, dan pengurus PMI kabupaten/kota di Provinsi Sumut. (P3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru