24 C
Medan
Selasa, Februari 27, 2024

Pemkab Simalungun Gelar “Car Free Day”

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar “car free day” (hari bebas kendaraan bermotor) di Kota Perdagangan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi melepas peserta gerak jalan santai dari lapangan Balai Karya Murni, Perdagangan. Ribuan peserta mengitari sejumlah ruas jalan sepanjang kurang lebih 1,5 Km.

Ada juga hal menarik, dimana para peserta mengutip sampah yang berserakan sambil melakukan gerak jalan santai. Sampah dikumpulkan, lalu dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Zonny mengapresiasi kegiatan “car free day” dan mengucapkan terima kasih kepada sponsor. Tujuannya adalah untuk merajut kebersamaan antara Pemkab Simalungun dan masyarakat dalam rangka pelestarian lingkungan.

“Car free day ini juga bertujuan untuk mengurangi emisi terutama pencemaran udara serta mengurangi dampak pemanasan global,” kata Zonny.

Menurutnya, pemerintah pusat akan memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang mampu mengelola lingkungan dengan baik, asri dan aman untuk ditempati.

Pada tahun 2022 lalu, katanya, Kabupaten Simalungun memperoleh adipura kategori kota kecil, yaitu Sondiraya. Kota Perdagangan juga dinilai layak meraih predikat kota kecil peraih adipura.

Karenanya, masyarakat dan stakeholder di Perdagangan diminta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Zonny mengapresiasi peserta gerak jalan santai yang melakukan kegiatan pengutipan sampah di sepanjang jalan.

Acara tersebut dirangkai dengan kegiatan lomba mewarnai untuk anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Juga digelar layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Simalungun. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru