26.7 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Oloan Paniaran Nababan Buka Workshop Kiat Masuk PTN dan Public Speaking

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan membuka Workshop Kiat Masuk PTN dan Public Speaking di SMAN 2 Lintongnihuta.

Oloan mengatakan pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan di masa depan. Mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman, mulai dari kemajuan teknologi yang makin pesat hingga syarat pendidikan untuk mendapatkan pekerjaan yang semakin tinggi.

Selain itu, kata dia, untuk menjadi bagian dari kemajuan jaman, maka semua harus mempersiapkan diri menjadi yang terbaik.

“Saya yakin dan percaya bahwa adik-adik sekalian lah yang akan menjadi masa depan bangsa ini secara khusus Kabupaten Humbahas ini. Untuk itu mari kita ikuti dan gali ilmu yang lebih banyak melalui para narasumber yang hadir pada workshop ini,” kata Oloan.

Tak lupa, pada kesempatan itu, Oloan juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada para narasumber yang hadir.

“Terima kasih para narasumber kami, yang berkenan hadir di Humbahas. Ilmu yang bapak ibu sampaikan sangat berguna dan sebagai motivasi kepada kami terkhusus kepada anak-anak kita yang diikuti 135 siswa,” ucap Oloan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Lintongnihuta Sahala Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Nababan yang memberikan perhatian besar kepada SMA Negeri 2 Lintongnihuta, serta berkenan mendatangkan narasumber dengan materi kiat masuk PTN.

“Kiranya dari kegiatan ini dapat diambil manfaatnya terkhusus untuk kelas XII angkatan 10 supaya bisa mengimplementasikan pada UTBK (ujian tertulis berbasis komputer) saat seleksi nasional berbasis tes untuk masuk perguruan tinggi negeri nantinya,” harapnya.

Ia menjelaskan, dalam 3 tahun terakhir, angkatan 9 SMA Negeri 2 Lintongnihuta (tahun 2022), dari 61 siswa yang masuk ke PTN termasuk ke Sekolah Kedinasan sebanyak 46 orang, 95 persen masuk ke PTN yang ada di Pulau Jawa.

Untuk angkatan 8 (tahun 2021) dari 68 siswa, masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan sebanyak 60 siswa. Dan untuk angkatan 7 (tahun 2020) dari 68 siswa, masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan sebanyak 56 siswa.

“Semoga dengan adanya workshop ini para siswa mendapatkan kiat-kiat dan strategi yang dapat meningkatkan lulusan SMA Negeri 2 Lintongnihuta masuk ke PTN dan Sekolah Kedinasan,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, panitia menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr S Bekti Istiyanto, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Musa Maliki PhD dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Bidang Akademik, Dr Fitria Ayuningtyas.

Narasumber Dr Fitria Ayuningtyas pada kesempatan itu menyampaikan materi tentang Public Speaking Bagi Remaja di Kabupaten Humbahas.

Sedangkan Musa Maliki menyampaikan materi tentang Kiat-Kiat Masuk PTN Bagi Remaja di Kabupaten Humbahas.

Sementara Dr Fitria menjelaskan tentang kemampuan dalam berkomunikasi yang baik merupakan prasyarat utama yang harus dimiliki saat ini.

Sebagai tanda kehormatan, Wakil Bupati Humbahas bersama Kepala Sekolah SMAN 2 Lintongnihuta memberikan cendramata berupa ulos kepada para narasumber. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru