26.7 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Pj Wali Kota Tebingtinggi Terima Audiensi Kacab BPJS Ketenagakerjaan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tebingtinggi (buseronline.com) – Pj Wali Kota Tebingtinggi Drs Syarmadani MSi mengapresiasi BPJS Ketenegakerjaan atas pembayaran santunan yang telah diberikan bagi tenaga kerja.

“Hal ini bentuk kepedulian dan cepat tanggapnya BPJS Ketenagakerjaan terhadap hal yang terjadi pada tenaga kerja, khususnya di Kota Tebingtinggi,” katanya saat menerima audiensi dari Kantor Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Tebingtinggi, di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sutomo.

Sebelumnya, Kacab BPJS Ketenagakerjaan Tebingtinggi Arif Arfan mengatakan bahwa kunjungan audiensi dimaksudkan untuk menyampaikan pelaporan klaim BPJS Ketenagakerjaan mulai dari klaim Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan, Jaminan Meninggal, Beasiswa Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

“Dari tanggal 1 Januari sampai dengan 5 Desember 2022, kita sudah membayarkan manfaat sebanyak Rp5,5 miliar. Dan juga ada pembicaraan tentang perlindungan pekerja rentan dan petugas pemilu,” ungkapnya.

BPJS Ketenagakerjaan juga menawarkan solusi bagi masyarakat pekerja yang belum tercover/ terlindungi BPJS Ketenagakerjaan, melalui ASN Peduli.

“Terkait keterbatasan anggaran daerah, kita coba cari pola melalui ASN Peduli. Harapannya satu orang ASN bisa melindungi tiga atau empat orang pekerja informal, mungkin dimulai dari keluarga sendiri. Otomatis hal ini bisa semakin banyak terlindungi dan juga tidak terlalu membebani APBD,” ujarnya.

Ia menyebutkan untuk peserta di Kota Tebingtinggi terbagi dalam tiga sektor, sektor formal pemberi dan penerima kerja sekitar 11 ribu orang, sektor informal (wiraswasta, pedagang) sekitar 2 ribu orang dan sektor jasa kontruksi (sifat temporer) berdasar kontrak kerja sekitar tiga ribu orang.

“Mudah-mudahan kami berharap semakin banyak masyarakat pekerja khususnya di Kota Tebingtinggi bisa kita lindungi. Sehingga dengan adanya perlindungan ketika terjadi resiko sosial, otomatis sudah ada santunan negara dan akan mendongkrak perekonomian di kabupaten/kota,” pungkasnya.

Audiensi tersebut turut dihadiri Kadisnakerperin Ir Iboy Hutapea, Plt Kabag Prokopim Faisal Ahmad SAg. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru