25.6 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Bupati Sergai Resmikan Pembangunan Ruas Jalan Penghubung Antar Desa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Dalam rangka peningkatan mobilisasi, transportasi dan peningkatan ekonomi, sosial budaya masyarakat di Kabupaten Sergai serta mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan, maka perlu dilakukan pembangunan, perbaikan, pembukaan akses jalan ke seluruh wilayah kecamatan se Sergai.

Demikian dikatakan Bupati Sergai H Darma Wijaya saat meresmikan pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Desa Firdaus, Desa Firdaus Estate, Desa Cempedak Lobang, Desa Simpang Empat, Desa Rambung Estate, dan pembangunan jembatan penghubung antara Desa Pematang Ganjang, Desa Cempedak Lobang, Desa Silau Rakyat, dan Desa Sei Parit, yang digelar di Lapangan Bola Kaki Rambung Besar Dusun IX Desa Simpang Empat, Kecamatan Sei Rampah.

“Dengan dilaksanakannya perbaikan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian di wilayah masing-masing,” katanya.

Darma Wijaya menekankan, hal penting yang mesti dipahami seluruh masyarakat dari pembangunan infrastruktur ini bukanlah kapan dilaksanakannya, melainkan bagaimana masyarakat merawat dan mempertahankan fasilitas yang dibangun agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

“Jadi, saya benar-benar minta kepada masyarakat yang jalan di wilayahnya telah dibangun, agar bersama-sama menjaga. Misalnya, jangan sampai truk yang melebihi tonase dibiarkan lewat, karena itu jadi salah satu faktor utama yang mengakibatkan umur pakai jalan jadi berkurang,” ujarnya.

Ia merinci, pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sei Rampah Tahun 2023 yaitu, lanjutan peningkatan ruas jalan Dusun III Cempedak Lobang ke Jalan Rambung Besar menggunakan dana APBD tahun 2023 dengan pagu anggaran Rp1,4 miliar dengan panjang jalan yang dibangun sepanjang 1.113 M x 3 M.

Kemudian, peningkatan ruas jalan SMA Negeri ke Simpang Empat menggunakan dana APBD tahun 2023 dengan pagu anggaran Rp3,8 miliar dengan panjang jalan yang dibangun sepanjang 2.217 M x 4 M

Selanjutnya, rekonstruksi rehabilitasi jembatan penghubung Desa Pematang Ganjang-Desa Silau Rakyat menggunakan dana APBD tahun 2023 dengan pagu anggaran Rp2,5 miliar dengan panjang jembatan yang dibangun sepanjang 41,8 M x 4 M.

“Pembangunan jalan tersebut merupakan penghubung antara Desa Firdaus, Desa Firdaus Estate, Desa Cempedak Lobang, Desa Simpang Empat, Desa Rambung Estate. Dan untuk pembangunan jembatan merupakan penghubung antara Desa Silau Rakyat dan Desa Sei Parit,” jelasnya.

Darma Wijaya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sei Rampah untuk peran serta dalam pembangunan di Sergai, dan Kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) untuk kinerja baiknya.

Sementara itu, Kepala Desa Simpang Empat, Muhammad Nazaruddin mengapresiasi pembangunan yang telah dilaksanakan Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Darma Wijaya dan Adlin Tambunan.

“Bapak Bupati pernah bercerita. Semasa belia, beliau pernah melewati daerah ini dengan sepeda ontelnya di atas jalan yang rusak. Sekarang, beliau kembali ke tempat ini sebagai bupati dengan membawa perubahan besar berkat kerja pembangunan yang dilakukan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Parlan, salah seorang tokoh masyarakat Sei Rampah. Ia mengklaim, sejak tahun 60-an jalanan di daerahnya bisa dikatakan tidak memadai.

“Namun sekarang, jalan sudah beraspal. Masyarakat sudah dimudahkan dalam beraktivitas. Mewakili masyarakat Sei Rampah, saya mengucapkan beribu terima kasih untuk Bapak Bupati dan Wakil Bupati atas perhatiannya,” ucapnya haru.

Acara syukuran dan peresmian jalan yang dirangkai tabligh akbar tersebut tampak dihadiri Anggota DPRD Sergai Darmalina Saragih, Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik beserta unsur Forkopimcam, para kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru