26.7 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Pemkab Cilacap Gandeng Perguruan Tinggi Turut Berpartisipasi dalam Pembangunan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Cilacap (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten Cilacap menjalin kerja sama bidang kesehatan dengan tiga perguruan tinggi, yakni Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang, dan Universitas Boyolali.

Kerja sama tersebut merupakan bagian dari upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pj Bupati Cilacap Dyah Suminar berharap, kerja sama tersebut tidak hanya diimplementasikan dalam praktik yang terikat dengan kurikulum, tetapi juga diwujudkan dalam keikutsertaan mahasiswa, pada program-program Pemkab Cilacap.

“Nanti saya berharap (mahasiswa) bisa ikut pengabdian masyarakat dengan cara pendampingan, one student one client. Contohnya, teman-teman mahasiswa nanti bisa membantu kita mendeteksi ibu hamil yang mungkin perlu mendapatkan edukasi terkait cara merawat kehamilannya, atau yang lainnya. Ini bagi kita sangat bermanfaat selain praktik di puskesmas atau di rumah sakit,” ucapnya.

Selain itu, Yunita juga berharap agar tindak lanjut dari kerja sama dapat terealisasi dan berjalan secara efektif, sehingga mampu memberikan manfaat dan dampak positif kepada kedua belah pihak dan juga masyarakat Kabupaten Cilacap.

Direktur Politeknik Negeri Surakarta Sudiro, sebagai wakil dari perguruan tinggi yang melakukan penandatanganan, menuturkan, kerja sama Tri Dharma adalah bentuk pengabdian para mahasiswa, khususnya di bidang kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Cilacap.

“Dukungan ini akan memberikan kesempatan kepada generasi penerus, untuk mengamalkan dan menimba ilmu yang selama ini diperoleh, dalam kapasitas teori kemudian diimplementasikan dalam bentuk nyata,” tuturnya. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru