26.7 C
Medan
Senin, Mei 20, 2024

Presiden APRC Puji Keindahan Kaldera Toba dan Persiapan IMI Sumut Menuju WRC

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Toba (buseronline.com) – Presiden Federation Internationale de I’Automobile Asia Pasific Rally Championship (FIA APRC) Vicky Chandhok memuji keindahan Danau Toba dan persiapan panitia dalam hal ini Ikatan Motor Indonesia Provinsi Sumatera Utara (IMI Sumut) mempersiapkan gelaran APRC Asia Rally Cup 2023.

Hal itu disampaikan Vicky Chandhok usai menghadiri Opening Ceremony APRC Asia Rally Cup 2023 di Kaldera Toba Nomadic Escape, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

“Saya pertama kali datang ke sini (Kaldera Toba Nomadic Escape-red), semuanya semakin baik dan saya pikir ini venue yang luar biasa untuk penyelenggaraan WRC mendatang. Pemandangan fantastis, sangat indah,” ujarnya didampingi FIA Chief Steward Wayne Scott.

Vicky Chandhok yang juga observer FIA menilai kesiapan panitia dalam menyelenggarakan kejuaraan reli di Danau Toba semakin baik. “Saya menilai crew dalam mempersiapkan segala hal semakin baik dari sebelumnya,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi karena setiap tahun semakin ramai pabrikan yang ikut terlibat, menandai kembali bergairahnya dunia reli di Indonesia.

“Ada mobil baru tiap tahun yang ikut. Saya harap panitia terus semangat karena semakin banyak pabrikan yang ikut seperti Skoda, Ford, Suzuki, Mitsubishi, Toyota, Honda dan lainnya,” sebutnya.

Sebelumnya, ia menilai rute-rute yang telah dilengkapi fasilitas yang mumpuni diantaranya tersedianya radio points, dengan safetynya yang bagus dan komunikasi yang baik melalui radio maupun manual tracking.

Sementara, Dewan Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah dan Ketua IMI Sumut Harun Mustafa Nasution menyampaikan komitmennya untuk terus menyelenggarakan kejuaraan reli di Sumut sebagai upaya mendukung promosi kegiatan otomotif dengan memperkenalkan Geopark Kaldera Toba yang merupakan anggota Unesco Global Geopark.

“APRC Asia Cup ini sengaja kami buat opening ceremoninya di Kaldera Toba Nomadic Escape karena menawarkan view Danau Toba yang begitu indah, banyak peserta reli selama ini datang ke Parapat tapi banyak yang belum mengetahui Kaldera ini, semoga setelah ini semakin banyak yang mengetahui lokasi ini, datang berkunjung dan kita harap juga datang investor-investor baru untuk pengembangan Danau Toba ini lebih baik lagi,” kata Ijeck, sapaan Musa Rajekshah.

Sementara itu, Harun Nasution menyampaikan IMI terus mempersiapkan segala hal lebih baik lagi khususnya pada gelaran APRC seri penutup atau grand final di November mendatang. Kesuksesan ini juga akan menjadi kunci kesuksesan WRC mendatang.

“Kita telah menjadi kandidat tuan rumah WRC, semaksimal mungkin apa yang dibutuhkan WRC akan kita siapkan, karena ada aturan-aturan yang harus diikuti dan itu kita terus berupaya penuhi semaksimal mungkin untuk menyukseskan WRC mendatang,” ujar Harun.

Ia juga menambahkan pda APRC seri penutup mendatang peserta akan semakin bertambah. “Pastinya nambah karena dari beberapa negara sudah mendaftar diantaranya dari Jepang, New Zealand, India, Australia,” tutup Harun.

APRC Asia Rally Cup diawasi oleh Vicky Chandhok dan Jefrey JP sebagai Steward Nasional. Seluruh peserta akan melalui 9 Trayek Khusus (Special Stage) yang berada di areal HTI Aek Nauli PT Toba Pulp Lestari, Kabupaten Simalungun dan berakhir pada siang hari Minggu, 24 September 2023 dengan total jarak tempuh 293,61 km. (P3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru