24.4 C
Medan
Minggu, April 14, 2024

Pertamina Sustainability Academy Bentuk SDM Mumpuni Untuk Capai Target Net Zero

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk mendorong upaya Indonesia mencapai target Net Zero Emission (NZE) 2060 dengan dua pilar utama, yakni dekarbonisasi dan mengembangkan bisnis rendah karbon. Mendukung pilar tersebut, diadakan Kickoff Masterclass Pertamina Sustainability Academy (PSA) di Grha Pertamina.

Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero) A Salyadi Dariah Saputra menyampaikan bahwa Pertamina Sustainability Academy membentuk Perwira untuk menjadi garda terdepan dalam membangun ekosistem berkelanjutan di Indonesia.

“Pertamina Sustainability Academy hadir dilatarbelakangi oleh perkembangan industri yang mengarah menuju bisnis berkelanjutan. Dalam hal ini, Pertamina sebagai perusahaan energi turut mengambil langkah dalam upaya mencegah perubahan iklim melalui penyediaan energi yang berkelanjutan. Program ini juga berkesinambungan dalam mempersiapkan Perwira Pertamina untuk mendukung capaian NZE 2060,” kata Salyadi, Sabtu (23/9/2023).

Dalam penyelenggaraan program Masterclass PSA, melibatkan para ahli pada bidang berkelanjutan. Selain itu, Universitas Pertamina (UPER) sebagai institusi pendidikan dibawah naungan Pertamina turut mendukung program PSA melalui penyusunan silabus serta materi pelatihan yang terdiri dari 18 topik pelatihan dengan 60 sub-topik pelatihan.

“Sebagai kampus bisnis dan teknologi berorientasi energi, UPER berpartisipasi dalam penyusunan materi. Serta menghadirkan dosen ahli bidang sustainable sebagai pemateri dalam kelas yang akan diadakan secara daring maupun luring,” kata Harya Dwi Nugraha MSc DIC, Manajer Penelitian dan Pengembangan UPER.

Sebagai wujud peningkatan kapabilitas Perwira Pertamina, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina M Erry Sugiharto menyampaikan PSA menjadi bentuk penyiapan SDM yang unggul dan berorientasi pada bisnis berkelanjutan.

“Pertamina Sustainability Academy tidak hanya menjadi upaya mendukung Net Zero Emission (NZE). Namun turut melatih para perwira untuk mampu berdaya saing tinggi, mengelola serta menciptakan energi yang ramah lingkungan,” kata Erry.

Lead III CCUS Upstream Innovation PT Pertamina, Dewi Mersitarini yang turut hadir dalam program Masterclass Pertamina Sustainability Academy mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan PSA.

“Saya sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya program Masterclass Pertamina Sustainability Academy yang ditunjukkan untuk para Perwira. Program ini membantu saya meningkatkan pengetahuan mengenai penyiapan energi di masa depan. Di mana tantangannya Pertamina harus mampu menyediakan pasokan energi yang terjangkau, aman serta berkelanjutan. Saya juga mengajak seluruh perwira Pertamina untuk mengikuti program Pertamina Sustainability Academy dan menjadi agen perubahan energi bersih,” tutup Dewi. (J1)

Berita Lainnya

Berita Terbaru