24.4 C
Medan
Minggu, April 14, 2024

Rektor Unimed: Saat Ini Dunia Kerja Butuhkan Kemampuan dan Skill Kolaborasi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin MPd mewisuda 937 lulusan Unimed di Auditorium Unimed Medan.

Rektor mengucapkan selamat atas kelulusan dan keberhasilan meraih gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Semoga apa yang diraih di kampus ini, dapat menghantarkan ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan kedua orang tua dan keluarga.

Ia mengatakan wisuda periode Februari 2024 ini dilaksanakan selama 2 hari pada 21 dan 22 Februari 2024 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Medan.

Dengan wisuda ini, bukan menyatakan bahwa masa belajar telah berakhir. Justru harus dijadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki selama studi di Unimed. Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh, harus menjadi modal utama agar mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup.

Dikatakan, di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, dimana teknologi informasi dan IT telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi Teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang. Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan Ilmuwan yang kreatif, Kemampuan menyelesaikan masalah, Mampu bekerja sama tim atau kolaborasi, kemampuan bernegosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan, Kemampuan mengendalikan emosi, berpikir kritis, dan metworking.

Masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan, katanya. (P2)

Berita Lainnya

Berita Terbaru