30 C
Medan
Sabtu, Mei 4, 2024

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Suhu Panas di Medan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dalam beberapa hari terakhir ini (tanggal 10-12 Maret 2024), kondisi wilayah Provinsi Sumut dilanda suhu panas. Berdasarkan data pengamatan temperature tanggal 12 Maret 2024 di beberapa Stasiun BMKG di Sumut tercatat suhu udara maksimum di Medan Simpang Pos, Jalan Ngumban Surbakti 36.2 °C, Tuntungan 36.0°C.

“Berdasarkan analisa pola angin pada tgl 12 Maret 2024 pukul 07.00 WIB dan 19.00 WIB menunjukkan angin baratan yang cukup kuat dan bersifat divergen (menyebar) di wilayah Sumut sehingga menyebabkan sulitnya pertumbuhan awan di wilayah tersebut,” kata Kepala BMKG Wilayah I di Medan Hendro Nugroho.

Pantauan citra radar pada tanggal 12 Maret 2024 menunjukkan tidak ada pertumbuhan awan dari pagi hingga malam hari. Sedangkan untuk kondisi suhu permukaan laut di wilayah pantai barat Sumatera dan Selat Malaka relatif cukup hangat berkisar antara 30-32°C.

Berdasarkan pantauan udara atas pada tanggal 13 Maret 2024, angin di lapisan 925-200 mb cukup kencang 1-39 knot dan kelembapan udara cukup kering 1-74% RH, sehingga pertumbuhan awan cukup sulit terbentuk di Kota Medan.

Dalam beberapa hari ke depan diperkirakan pola cuaca hampir sama dengan hari ini. Mengingat cuaca yang masih cukup panas. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu kebakaran, mengurangi kegiatan di luar rumah, memperbanyak konsumsi air putih dan buah.

Mengingat cuaca bersifat dinamis, masih berpotensi terjadinya gangguan gangguan cuaca di wilayah barat Sumatera yang dapat menyebabkan kondisi cuaca kembali cukup labil yang dapat berubah sewaktu-waktu diharapkan peringatan dini yang disampaikan oleh BMKG dapat terus diikuti dan dicermati oleh para kepala daerah, bupati dan wali kota dengan melalukan koordinasi melalui BPBD setempat dan selalu mengikuti informasi dari Balai Besar MKG Wilayah I Medan melalui media sosial info BMKG Sumut, atau menghubungi layanan informasi Balai Besar MKG Wilayah I melalui call center 0821-6804-3653; e-mail: bbmkg1@bmkg.go.id. (P3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru