26.7 C
Medan
Rabu, Mei 1, 2024

Piala Asia U-23/2024: Malaysia Kalah Usai Dicukur Uzbekistan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Khalifa (buseronline.com) – Timnas Malaysia U-23 kalah usai dicukur Uzbekistan dalam laga fase grup Piala Asia U-23 2024 di Stadion Internasional Khalifa, Rabu malam WIB.

Malaysia menyentak pertahanan Uzbekistan pada detik-detik awal pertandingan melalui sepakan Luqman Hakim dari luar kotak penalti.

Uzbekistan lantas berbalik mengurung pertahanan Malaysia. Makhmudjon Makhamadjonov dan Jasurbek Jaloliddinov memiliki kans yang gagal berbuah gol.

Sementara sebuah serangan cepat Malaysia hampir berbuah gol, namun Luqman Hakim telat sepersekian detik untuk mengonversi menjadi gol.

Pada menit kesembilan pemain bertahan Malaysia gagal melakukan clearance dengan sempurna. Malah Syahir Bashah melanggar Ruslanbek Jiyanov di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan mengeluarkan kartu kuning.

Eksekusi tendangan 12 pas yang dilakukan Jaloliddinov mengubah skor menjadi 1-0.

Malaysia mencoba berani memainkan bola, namun Uzbekistan melakukan pressing yang membuat skuad Harimau Muda tak bisa mengalirkan bola ke area pertahanan lawan.

Upaya memainkan bola-bola pendek tak bisa terlaksana, sementara umpan-umpan panjang dari lini pertahanan Malaysia bisa dihalau dengan mudah.

Sementara ketika Uzbekistan memegang bola, Malaysia hampir selalu dalam mode waspada. Sederet peluang hadir bagi Uzbekistan namun tidak ada gol tercipta.

Pada awal babak kedua Malaysia menampilkan pola serangan yang lebih menjanjikan dan membuat pertahanan Uzbekistan terbuka, akan tetapi wakil Asia Tengah itu bisa kembali mendapatkan ritme seperti pada babak pertama.

Uzbekistan kembali kerap memainkan bola di daerah permainan Malaysia, namun kesulitan membongkar pertahanan lawan. Key pass dan penyelesaian akhir Uzbekistan masih menjadi masalah.

Malaysia pun kembali mencoba memeragakan serangan sayap dengan umpan terobosan untuk mencari gol pertama sekaligus menyamakan kedudukan.

Sebuah kesalahan di lini pertahanan kembali menjadi petaka bagi Malaysia. Kesalahan umpan yang dilakukan Zikri Khalil di area pertahanan tidak disia-siakan pemain Uzbekistan. Husain Norchaev yang melakukan intersep menggiring bola dan kemudian memberi umpan kepada Ulugbek Khosimov. Tendangan Khosimov dari dalam kotak penalti membuat Uzbekistan unggul 2-0 pada menit ke-83.

Skor 2-0 menjadi hasil akhir laga pembuka Grup D Piala Asia U-23 2024. Uzbekistan berhak atas tiga poin. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru