28.9 C
Medan
Selasa, Mei 7, 2024

Lengserkan Qatar, Jepang Lolos ke Semi Final Piala Asia U23

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Doha (buseronline.com) – Timnas Jepang U-23 berhasil lolos ke semi final Piala Asia U23/2024 usai berhasil melengserkan Timnas Qatar U-23 dengan skor 4-2 dalam laga perempat final Piala Asia U23 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Jumat dini hari WIB.

Jepang meraih kemenangan ini dengan susah payah karena mereka harus melakoni babak tambahan meskipun unggul jumlah pemain. Jepang secara mengejutkan mampu unggul terlebih dulu.

Gol pembuka Jepang diciptakan Fuki Yamada saat laga baru berusia dua menit. Fuki Yamada berhasil menguasai bola dari blunder yang dilakukan pemain lawan di depan kotak penalti Qatar.

Setelah melakukan dua sentuhan, pemain yang berkarier di Tokyo Verdy tersebut melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung kiper Qatar, Yousef Abdulrahman Baliadeh.

Setelah unggul, tim Samurai Biru mendominasi permainan. Namun belum sempat menciptakan peluan berbahaya, Jepang malah kebobolan pada menit ke-24.

Kiper Jepang, Kokubo, harus memungut bola di gawangnya sendiri setelah gagal membendung tandukan Ahmed Al-Rawi. Terlepas dari itu, usaha Qatar untuk berbalik unggul semakin sulit.

Tim tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain menyusul kartu merah Yousef Baliadeh pada menit ke-41.

Dari tayangan lewat VAR, Yousef Baliadeh menendang perut Hosoya saat menanduk bola di depan kotak penalti timnya.

Pelatih Qatar, Ilídio Fernando Torres do Vale, melakukan perubahan pada menit ke-44. Dia memasukkan Ali Nader untuk menggantikan Khaled Ali.

Hebatnya, Qatar membuat kejutan pada awal babak kedua. Mereka berbalik unggul berkat gol Jassem Gaber pada menit ke-49.

Jassem Gaber berhasil menanduk bola dari umpan tendangan bebas yang dieksekusi Mostafa Meshaaal.

Jepang baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-67. Seiji Kimura berhasil menyundul bola dari umpan sepak pojok. Laga pun semakin sengit karena untuk sementara skor imbang 2-2.

Jepang nyaris unggul pada menit ke-75. Kein Sato berhasil menyundul bola saat berada di dekat tiang gawang Qatar. Namun, bola hasil tandukan Sato masih bisa ditangkap oleh kiper lawan.

Setelah itu, Jepang terus menggempur pertahanan Qatar. Pada menit ke-82, Shota Fujio punya peluang emas untuk mencetak gol saat berhasil melepaskan tendangan dari umpan mendatar yang dilepaskan rekannya.

Fujio kurang tenang dalam melepaskan tendangan sehingga bola gagal mengenai sasaran. Jepang terus mengurung Qatar di pertahanannya sendiri.

Namun, Jepang tidak mampu menciptakan gol tambahan sehingga mereka harus melakoni babak tambahan. Pada menit ke-98, Fujio sebagai ujung tombak kembali memiliki peluang saat mendapatkan bola di kotak penalti.

Namun, pemain bernomor punggung 9 tersebut tidak sempurna menguasai bola sehingga si kulit mampu diamankan kiper lawan. Terlepas dari itu, usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-101.

Mao Hosoya berhasil lepas dari kawalan lawan untuk menguasai bola dari umpan terobosan Ryotaro Araki. Mao Hosoya dengan cepat melepaskan tembakan dengan kaki kanannya yang membuat bola bersarang pojok kiri gawang Qatar.

Sekitar delapan menit kemudian, giliran Yu Hirakawa yang melepaskan ancaman. Namun, bola hasil tembakan Yu Hirakawa masih mampu ditangkap kiper lawan.

Jepang baru bisa benar-benar mencetak gol keempatnya pada menit ke-113. Adalah Kotaro Uchino yang mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Gol tersebut sekaligus memateraikan kemenangan Jepang dengan skor 4-2. Dengan kemenangan ini, Jepang berpeluang lolos ke Olimpiade 2024 Paris. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru