30 C
Medan
Selasa, Mei 14, 2024

Gala Nusantara: Rayakan Kolaborasi Kemendikbudristek dengan Duta Teknologi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bali (buseronline.com) – Dalam rangka menguatkan kolaborasi dan memberikan apresiasi kepada Duta Teknologi dan Kapten belajar.id, Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menghelat Gala Nusantara di Bali. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Sinergi BLPT dan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) bersama Duta Teknologi dan Kapten belajar.id Tahun 2024.

Sinergi dan kolaborasi yang terjalin selama ini memberikan refleksi yang mendalam terhadap transformasi pendidikan Indonesia.

Plt Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Wibowo Mukti menyampaikan, Pusdatin, BLPT, dengan seluruh Duta Teknologi dan Kapten belajar.id adalah bagian dari perjalanan sukses Merdeka Belajar, dengan membangun jejaring dan pembinaan yang tepat, serta distribusi dan pemanfaatan platform pendidikan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai momentum kilas balik 11 tahun Rumah Belajar yang merupakan cikal bakal dari Duta Teknologi, turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Tahun 2011-2017, Ari Santoso, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2017-2020, Gogot Suharwoto dan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Tahun 2020-2023, Muhamad Hasan Chabibie.

Pada kesempatan tersebut, Ari Santoso membagikan cerita tentang awal mula berdirinya Rumah Belajar. “Kami meluncurkan Rumah Belajar pada tahun 2011 karena melihat pentingnya platform pembelajaran untuk kondisi pendidikan di Indonesia, terutama dalam pemerataan akses layanan pendidikan hingga ke daerah pelosok,” ujarnya.

“Pada tahun 2017 kami mengadakan seleksi Duta Rumah Belajar angkatan pertama. Dengan platform yang dibangun dengan baik, penggunaan empat level kompetensi, serta keberadaan para duta yang luar biasa, saya yakin program ini akan menjadi besar ke depannya,” sahut Gogot Suharwoto.

Hasan Chabibie pun menyampaikan bahwa Duta Teknologi adalah nyala api belajar dunia pendidikan Indonesia, karena aktivitas merekalah yang mendorong para peserta didik untuk terus menimba ilmu meski menghadapi berbagai keterbatasan, terutama saat pandemi Covid-19. Untuk itu, ia berpesan kepada para Duta Teknologi agar tidak berhenti belajar, karena sejatinya teknologi akan terus berkembang di masa depan.

Semarak Gala Nusantara pun ditutup dengan peragaan busana oleh 232 Duta Teknologi dan Kapten belajar.id dari 37 Provinsi dan 1 Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang tampil dengan pakaian adat dari daerah masing-masing.

Balai Layanan Platform Teknologi memberikan apresiasi kepada Duta Teknologi Berkobar 2024 berdasarkan kinerja dan aktivitas yang sudah dilakukan pada Januari 2024 hingga saat ini. Adapun apresiasi terbagi menjadi tiga kategori, yaitu jumlah pengimbasan terbanyak, diberikan kepada lima orang Duta Teknologi dengan frekuensi sosialisasi terbanyak, jumlah peserta pengimbasan terbanyak, diberikan kepada lima orang Duta Teknologi yang mendapatkan jumlah peserta paling banyak saat melakukan sosialisasi, dan 3) jumlah total pengimbasan terbanyak, diberikan kepada tim Duta Teknologi provinsi yang melaksanakan jumlah terbanyak berdasarkan rekap gabungan dari tim provinsi tersebut.

Untuk kategori jumlah pengimbasan terbanyak, terbaik I diraih Deni Rohendi, Duta Teknologi Provinsi Jawa Barat, terbaik II diraih Sudomo, Duta Teknologi Provinsi Nusa Tenggara Barat, terbaik III diraih Eva Deliana Bangun, Duta Teknologi Provinsi Aceh, terbaik IV diraih Yazid Husain, Duta Teknologi Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Terbaik V diraih Seri Amalia, Duta Teknologi Provinsi Aceh.

Selanjutnya, pada kategori jumlah peserta pengimbasan terbanyak, terbaik I diraih Rachmad Effendi Teguh, Duta Teknologi Provinsi Jawa Timur, terbaik II diraih Kiki Niken Saputri, Duta Teknologi Provinsi Jawa Timur, terbaik III diraih Eka Nurviana Fatmawati, Duta Teknologi Provinsi Jawa Timur, terbaik IV diraih Gufron Firmansyah, Duta Teknologi Provinsi Kalimantan Tengah, dan terbaik V diraih Nur Ernawati, Duta Teknologi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian untuk kategori total pengimbasan terbanyak diraih Tim Duta Teknologi Provinsi Nusa Tenggara Barat. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru