25.5 C
Medan
Rabu, Juni 19, 2024

Dinkes Deliserdang Terus Tingkatkan Pelayanan dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Galang (buseronline.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Deliserdang di bawah kepemimpinan dr Asri Ludin Tambunan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Komitmen dibuktikan dengan hadirnya berbagai program dengan menjadikan masyarakat sebagai pemeran utama dalam pencapaian derajat kesehatan, di antaranya adalah program Agent of Change (AOC) bertajuk “Mari Menuju Masa Muda Sehat, Hari Tua Nikmat Tanpa Penyakit”.

“AOC ini targetnya agar partisipasi masyarakat naik. Setelah partisipasinya naik tingkat kesadarannya berubah, setelah kesadarannya berubah maka kewaspadaannya terhadap penyakit bisa lebih baik ke depan,” kata dr Asri usai menghadiri AOC di Dusun III, Desa Galang Suka, Kecamatan Galang.

Asri yang akrab dipanggil dr Aci itu berharap, dengan kesadaran yang sudah ada, masyarakat bisa menjadi agen perubahan. Sekaligus reklame berjalan terkait program layanan kesehatan yang telah disediakan oleh Pemkab Deliserdang.

“Acara-acara seperti ini kita harap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pemerintah sebenarnya punya keseriusan dalam pelayanan kesehatan, tapi kami sadar tidak bisa bekerja total kalau tidak didukung oleh segenap masyarakat. Dengan acara-acara seperti ini kami harap masyarakat tertarik datang dan ikut jadi reklame berjalan bahwa pemerintah konsen untuk kesehatan masyarakat,” ujar dr Aci.

Ia mengapresiasi tenaga kesehatan di Kecamatan Galang yang aktif ambil bagian dalam rangkaian acara di COC kali ini. “Saya surprise juga di beberapa tempat belum ada yang buat acara sunat masal seperti di sini, dan ternyata tenaga kesehatannya semua perempuan,” katanya.

“Ini luar bisa artinya insan nakes di sini sudah punya kreasi bagaimana menyatukan diri dengan masyarakatnya, dan itu tak saya batasi. Semua kreativitas dan nakes sejauh diterima dan sesuai koridor yang ada saya dukung penuh. Puskesmas Galang dan Petumbukan juga merupakan puskesmas paripurna dalam pelayanannya,” tambahnya.

Acara ini diisi dengan cek kesehatan gratis, cek kesehatan gigi gratis, sunat massal, pemeriksaan kandungan, seminar kesehatan, dan pemberian bantuan kepada 150 warga yang menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Hadir dalam acara Kepala Puskesmas Galang dr Dwi Yanita Pane, Kepala Puskesmas Petumbukan drg Ade Apriliani, kader Posyandu dan Unsur Muspika Kecamatan Galang. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru