23.9 C
Medan
Rabu, Juni 19, 2024

Pemkab Humbahas Lakukan Pelayanan Adminduk Bagi Penyandang Disabilitas

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Humbahas melakukan jemput bola pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi penyandang disabilitas.

Kali ini, sasaran pelayanan langsung atas nama Pandapotan Sihite, Jalan Pakkat, Desa Sihite I, Kecamatan Doloksanggul, yang baru pulang dari perantauan, karena keterbatasan (disabilitas) memerlukan pelayanan khusus dan perlu mendapatkan bantuan.

Kepala Dinas Dukcapil Humbahas Jara Trisepto Lumbantoruan SPd mengatakan pelayanan langsung kepada disabilitas sebagai komitmen Pemkab Humbahas untuk terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Proses pengurusan dokumen dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa harus melalui prosedur yang rumit. Petugas juga memberikan pendampingan dan edukasi kepada warga disabilitas tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap.

Keluarga disabilitas mengungkapkan rasa terima kasih atas pelayanan tersebut. Dulu, sangat kesulitan mengurus dokumen kependudukan karena keterbatasan fisik. Tapi, sekarang dengan adanya layanan jemput bola, jadi lebih mudah.

Pemerintah Desa Sihite I berharap layanan ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas. Diharapkan kedepannya layanan ini dapat diperluas jangkauannya ke seluruh desa di Kecamatan Doloksanggul, sehingga disabilitas di Kabupaten Humbahas dapat merasakan manfaatnya.

“Secara bergantian tim kita akan turun langsung ke setiap desa dalam melayani masyarakat untuk kepengurusan Adminduk,” ujarnya Jara.

Selain itu jelas Kadis Dukcapil, pihaknya juga terus melakukan inovasi lainnya seperti penyerahan akta perkawinan pada saat berlangsung pesta, penyerahan akta kematian bagi keluarga duka termasuk juga menyerahkan akta kelahiran bagi keluarga yang baru saja melahirkan di Puskesmas maupun di RSUD Doloksanggul. (R)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru