26.5 C
Medan
Sabtu, Juli 27, 2024

Dinkes DKI Bakal Sebar Nyamuk Wolbachia untuk Cegah DBD, Ini Lokasi Pertama

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengatakan masih bersiap untuk mengimplementasikan pelepasan nyamuk wolbachia.

Inovasi teknologi wolbachia ini diharapkan bisa membantu sebagai pelengkap upaya program pemerintah Indonesia untuk menekan angka penyebaran DBD.

“Daftar pertama ada di Jakarta Barat, kita mulai dari Kecamatan Kembangan. Saat ini, belum kita mulai, masih persiapan. Jika semuanya siap, termasuk masyarakat, baru kita akan melepaskan nyamuk,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta drg Ani Ruspitawati MM saat memberi keterangan kepada media di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Nyamuk Wolbachia adalah nyamuk Aedes aegypti pembawa virus demam berdarah dengue yang di dalamnya dimasukkan bakteri Wolbachia.

Dari hasil studi, nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia mampu menurunkan kasus dengue sebesar 77,1 persen.

Kepala Dinkes Ani mengatakan pelepasan nyamuk aedes aegypti mengandung wolbachia menjadi salah satu upaya untuk mengendalikan angka kasus demam berdarah dengue (DBD), selain kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan lainnya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Drg Ani juga mengimbau masyarakat untuk ikut serta menjaga lingkungan sekitar salah satunya dengan memeriksa berkala ada atau tidaknya jentik nyamuk atau tempat perkembangbiakan nyamuk.

“Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab semua orang, untuk memastikan bahwa lingkungan tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti harus dicek kembali,” ujarnya. (R3)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru