25.5 C
Medan
Rabu, Juni 19, 2024

Sukseskan Pilkada 2024, PWI Sumut Siap Kerja Sama dengan Kepala Daerah dan KPU

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE mengatakan, PWI Sumut siap membantu dan siap kolaborasi dan kerjasama dengan KPU daerah dan kepala daerah dalam program menyukseskan Pilkada serentak 2024.

“PWI siap berkontribusi dalam sosialisasi, edukasi dan literasi untuk mencerdaskan pemilih sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih, serta mencegah pemberitaan negatif sebagai upaya memperkuat legitimasi hasil pilkada serentak 2024,” kata Farianda Putra Sinik yang di bulan Juni ini berusia 56 tahun menjawab wartawan di Medan, Senin (10/6/2024) terkait dengan penegasan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz yang mengatakan bahwa lembaganya sedang menyiapkan kebijakan mengenai kolaborasi KPU di daerah dengan insan pers guna mendukung penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

“Kami juga berkepentingan agar teman-teman, terutama media, ya, untuk nanti bisa kami buatkan semacam kebijakan agar bisa berinteraksi dan berkolaborasi langsung dengan teman-teman kami di provinsi dan kabupaten/kota dalam penyelenggaraan Pilkada menjadi lebih baik,” kata Mellaz saat hadir secara daring dalam seminar yang diselenggarakan di Sekretariat Dewan Pers, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa peraturan tersebut disiapkan setelah lembaganya melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024.

Farianda menyinggung adanya Surat Edaran, Mendagri imbau kepala daerah bangun koordinasi wujudkan Pilkada 2024 aman dan damai.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 200.2.1/2222/SJ tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

SE yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota seluruh Indonesia tersebut, salah satunya menekankan agar kepala daerah dapat membangun koordinasi lintas pihak dalam menjaga Pilkada 2024 berjalan aman dan damai.

Dalam SE tersebut Mendagri juga menekankan pentingnya kepala daerah meningkatkan peran partisipasi asosiasi atau perhimpunan wartawan dalam mendukung Pilkada 2024. Hal ini melalui kerja sama dengan wartawan dan media massa agar berkontribusi dalam sosialisasi, edukasi, dan literasi yang bertujuan mencerdaskan pemilih serta meningkatkan partisipasi pemilih. Serta mencegah pemberitaan negatif sebagai upaya memperkuat legitimasi hasil Pilkada Serentak 2024.

Adapun kerja sama tersebut dilaksanakan bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) atau asosiasi/perhimpunan wartawan dan organisasi lain, yang memiliki unsur keanggotaan di seluruh Indonesia.

“Kita siap melakukan kerjasama ataupun kolaborasi dengan kepala daerah maupun KPU daerah,” kata Farianda Putra Sinik. (P2)

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru