29 C
Medan
Senin, September 23, 2024

KBRI Berlin Kembangkan Industri Semikonduktor di Indonesia

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berlin (buseronline.com) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin terus memperkuat usaha untuk membangun ekosistem industri semikonduktor di Indonesia. Dalam upaya ini, delegasi KBRI yang dipimpin oleh Deputy Chief of Mission (DCM) Fajar Wirawan Harijo, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Roniyus Marjunus, serta sejumlah pejabat lainnya, melakukan kunjungan ke Industrie- und Handelskammer (IHK) Trier dan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) di Jerman.

Kunjungan ke IHK Trier, Kamis, bertujuan untuk memaparkan visi Indonesia dalam mengembangkan industri semikonduktor. Fajar menekankan pentingnya ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan terampil untuk mendukung industri ini. Ia berharap IHK Trier dapat menjadi mitra dalam program pelatihan semikonduktor, mirip dengan skema Ausbildung yang telah berhasil di bidang hospitality.

Pada Jumat, delegasi KBRI melanjutkan kunjungan ke KIT, di mana mereka berdiskusi mengenai peluang kerja sama untuk mengirim mahasiswa Indonesia melanjutkan studi di bidang semikonduktor. KIT menunjukkan dukungannya terhadap rencana pemerintah Indonesia dan bersedia menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk memperkuat kerja sama.

Kunjungan ini merupakan langkah penting dalam mencetak SDM unggul yang diperlukan untuk pengembangan industri semikonduktor di Indonesia dan meningkatkan kolaborasi pendidikan antara kedua negara. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru