27 C
Medan
Selasa, September 17, 2024

THE WRR Rilis Pemeringkatan Universitas Terbaik di Dunia

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Amerika Serikat (buseronline.com) – Times Higher Education (THE) mengeluarkan rilis pemeringkatan universitas terbaik di dunia, dalam laporan THE World Reputation Rankings (WRR) 2022, Rabu (16/11/2022).

Pemeringkatan menilai kampus dengan kualitas pengajaran dan riset terbaik di bidangnya.

Tahun ini, ada 211 perguruan tinggi dari 32 negara yang masuk pemeringkatan THE WRR 2022, didominasi Amerika Serikat dengan total 56 kampus.

Kampus Indonesia belum masuk pemeringkatan THE WRR 2022 ini. Namun, sejumlah kampus Asia masuk dalam Top 10 dan Top 25, antara lain Tsinghua University, The University of Tokyo, hingga National University of Singapore (NUS).

Dikutip dari laman resminya, berikut universitas terbaik di dunia menurut laporan THE World Reputation Rankings 2022 yaitu Harvard University, AS. Massachusetts Institute of Technology, AS. Stanford University, AS.

University of Oxford, UK. University of Cambridge, UK. University of California (UC) Berkeley, AS. Princeton University, AS.
Yale University, AS. Tsinghua University, China. The University of Tokyo, Jepang. California Institute of Technology, AS.

ETH Zurich, Swiss. Peking University, China. Imperial College London, UK. Columbia University, AS. University of California, Los Angeles. (UCLA), AS. The University of Chicago, AS. University of Michigan-Ann Arbor, AS.

National University of Singapore, Singapura. Johns Hopkins University, AS. University of Toronto, Kanada. University of Pennsylvania, AS. Cornell University, AS. University of Washington, AS, UCL, UK.

Pemeringkatan THE WRR 2022 menggunakan survei opini akademik khusus undangan sedunia pada November 2021-Februari 2022. Survei ini menjaring 29.606 responden dari 159 negara yang menjawab kuesioner sesuai disiplin ilmunya spesifik.

Survei Reputasi Akademik tersebut menggunakan data PBB untuk memastikan cakupan respons dari akademisi yang mewakili keilmuan dunia, berpengalaman, menelurkan hasil publikasi, cemerlang di bidang riset dan pengajar sesuai disiplin ilmu, dan aktif di institusi sesuai bidangnya.

Responden tersebut ditugaskan memilih 15 kampus yang ia percaya terbaik di bidang riset dan pengajaran di bidangnya. Pada survei tersebut, rasio riset dan pengajaran adalah 2:1.

Bobot riset lebih tinggi karena kualitas riset dianggap akan lebih mudah dinilai secara akurat oleh para responden. Survei digunakan bersama indikator THE World University Rankings 2022 yang dirilis Oktober lalu.

Berita Lainnya

Berita Terbaru