27.8 C
Medan
Senin, Maret 4, 2024

Dosmar Banjarnahor Tinjau Pertanaman Bawang Merah Bantuan BI di Desa Dolokmargu

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor meninjau pertanaman bawang merah bantuan Bank Indonesia (BI) Cabang Sibolga di areal pertanaman Kelompok Tani (Poktan) Tobing, Desa Dolokmargu, Kecamatan Lintongnihuta.

Pada kesempatan itu, Dosmar mengingatkan agar masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya.

Dan apabila ada permasalahan yang muncul agat tetap berkoordinasi dengan Dinas Pertanian baik langsung atau melalui PPL sehingga bisa panen dengan maksimal.

Sementara, Mesran Lumban Toruan dari Poktan Tobing menyampaikan terima kasih atas kunjungan bupati ke areal pertanaman bawang merah mereka.

Kata dia, pertanaman bawan merah yang sudah ditanam dan dirawat selama 30 hari sejak tanggal 22 Mei dan hasilnya cukup baik.

Hanya saja lanjut dia mengatakan, mereka saat ini sangat kewalahan karena musim kemarau sehingga kekurangan air.

“Kami berharap ada solusi mengatasinya dari Pemerintah Kabupaten secara khusus kami sampaikan kepada bapak bupati,” ucapnya.

Menyikapi keluhan tersebut, bupati memerintahkan BPBD dan Dinas Pertanian untuk mengatasi permasalahan petani dengan memasok air di penampungan air petani.

Usai meninjau pertanaman bawang merah Poktan Tobing, bupati yang saat itu didampingi Kadis Pertanian Junter Marbun dan Kadis Kominfo Batara Franz Siregar dan rombongan lainnya meninjau pertanaman kentang Poktan Mekar Jaya di Desa Hutasoit II.

Berton Simaremare sebagai Ketua Poktan Mekar Jaya merasa bangga atas kunjungan bupati dan menyampaikan terimakasih atas bantuan pemerintah sehingga sampai saat ini Poktan Mekar Jaya sudah bisa menjual bibit kentang G-1 dan G-2 (sudah berlebel dan sertifikat).

Hasil pembibitan ini, kata dia, selain dijual, Poktan Mekar Jaya juga bertanam kentang dan sudah beberapa kali panen kentang dengan hasil yang cukup memuaskan.

Berita Lainnya

Berita Terbaru