23.9 C
Medan
Sabtu, Juni 22, 2024

RI Masuk Masa ‘Endemi’ Covid-19, Ini Saran IDI soal Vaksin Berbayar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden RI Ir H Joko Widodo telah mencabut ‘status pandemi’ Covid-19 di Indonesia, sehingga kini fase telah memasuki endemi.

Sempat beredar informasi, vaksin Covid-19 untuk masyarakat akan menjadi berbayar ketika Indonesia sudah memasuki endemi. Benarkah demikian.

Di lain sisi, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merekomendasikan pemerintah agar tetap memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada masyarakat meski situasi virus corona di Indonesia sudah terkendali.

Pasalnya meski kini situasi telah membaik, ancaman Covid-19 tetap ada di masyarakat dan tetap berpotensi menular.

Orang-orang dengan risiko tinggi seperti lansia dan pengidap komorbid pun tetap diimbau untuk mengenakan masker ketika beraktivitas di tempat ramai.

“Kami dari IDI tetap mengimbau pemerintah atau merekomendasikan kepada pemerintah walaupun situasinya endemis tetap akses penyediaan vaksinnya diberikan gratis kepada kelompok risiko tinggi yang tidak mampu membeli,” kata Ketua Satgas Covid-19 IDI sekaligus spesialis paru RS Persahabatan Dr dr Erlina Burhan MSc SpP (K), di Jakarta.

“Kita contohkan misalnya kepada pasien-pasien BPJS terutama yang dibantu iurannya, itu kan artinya mereka tidak mampu membayar. Jadi kalau bisa vaksin ini masuk ke skema BPJS untuk orang-orang kelompok PIB itu akan bagus sekali. Jadi kita tetap memberikan perlindungan kepada orang,” jelas dr Erlina.

Berita Lainnya

Selamat Idul Fitri

Berita Terbaru