30 C
Medan
Jumat, Februari 23, 2024

Kembangkan Inovasi & Potensi, Siswa SMK Swasta GKPS 1 Raya Rakit Komputer 

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Simalungun (buseronline.com) – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta GKPS 1 Raya, Kabupaten Simalungun terus mengembangkan potensi dan inovasinya dalam merakit komputer.

Pembelajaran berbasis teknologi makin digandrungi siswa. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini merupakan kebutuhan yang substantif dalam proses pembelajaran.

Kepala SMK Swasta GKPS 1 Raya Meriana Simarmata SPd didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Mariana Simamora SKom mengatakan kegiatan merakit komputer dilakukan di ruang laboratorium yang didampingi guru kejuruan.

“Praktik merakit komputer merupakan program keahlian siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Komputer hasil rakitan mampu beroperasi secara normal,” katanya.

Hasil rakitan, lanjut dia, tidak diperjualbelikan. Tapi, dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan sekolah tersebut.

Program merakit komputer bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan siswa dalam mendesain sebuah produk, sehingga ke depan mampu bersaing di dunia kerja ketika sudah tamat SMK.

“Motto SMK, bekerja bisa, kuliah juga OK. Firman Tuhan mengajak anak didik supaya bijaksana. Orang bijak sungguh-sungguh belajar meningkatkan skill (ilmu),” tuturnya.

Bahkan, sejumlah siswa SMK Swasta GKPS 1 Raya, belum lama ini diutus untuk mengikuti lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk bidang lomba IT Network Sistem Administration.

Selain jurusan RPL, sekolah tersebut juga memiliki jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran serta jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Menurutnya, cukup banyak alumni SMK Swasta GKPS 1 Raya yang sudah sukses seperti bekerja pada berbagai perusahaan, sukses dalam usaha mandiri dan lainnya.

Ia berharap para alumni mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya selama tiga tahun menimba ilmu di tingkat SMK.

Dalam pengembangan mutu pendidikan, SMK Swasta GKPS 1 Raya akan terus berbenah. Pihak sekolah masih membuka penerimaan siswa baru untuk Tahun Pelajaran (TP) 2023/2024 hingga awal Juli nanti.

Berita Lainnya

Berita Terbaru